Bolehkan Mengonsumsi Makanan Kadaluwarsa?

Bolehkan Mengonsumsi Makanan Kadaluwarsa?
Ilustrasi diambil dari Hellosehat.com
Kata "Kadaluwarsa" sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga maupun di pikiran kita karena sudah sering kita lihat di kehidupan sehari-hari. Kadaluwarsa biasa diartikan sebagai "Masa Habis Pakai" dari suatu produk, biasanya hal ini lebih condong ke produk pangan yang memang pada dasarnya hanya memiliki shelf-life (waktu/ketahanan simpan atau daya keawetan) yang relatif Singkat.

Tetapi, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, makanan yang mulanya hanya memiliki batas ketahanan simpan singkat tersebut bisa menjadi lebih tahan lama, misalnya saja pada produk susu. Minuman ini sejatinya hanya memiliki shelf-life sekitar 3-4 jam saja karena memiliki kandungan air dan protein yang tinggi sehingga mudah rusak akibat pengaruh mikroba. Untuk memperpanjang ketahanan simpanya, susu segar biasanya diolah dulu dengan cara dipanaskan hingga mendidih dan kemudian dikemas secara baik sehingga dapat bertahan menjadi beberapa bulan. Bahkan apabila susu diolah menjadi tepung susu (dikeringkan), susu tersebut dapat bertahan lebih lama lagi hingga 4-10 bulan.

Dalam sebuah produk pangan, Informasi mengenai tanggal Kadaluwarsa biasanya terletak di sekitar area Barcode (tergantung jenis produk dan kemasannya) berwana hitam dengan format yang berbeda-beda. Umumnya kawaluwarsa ditulis dengan format tanggal, bulan dan tahun kadaluwarsa (misal 181017/18 Okt 17/ 18 Oktober 2017). Kadaluwarsa sendiri memiliki beberapa nama lain yang pada prinsipnya memiliki maksud yang hampir sama, diantaranya adalah :

1. Expiration/Exp. (Tanggal Kadaluwarsa)

Tanggal Kadaluwarsa merupakan informasi yang diberikan oleh Produsen kepada Konsumen yang menyatakan bahwa suatu produk memiliki kualitas dan keamanan yang paling baik sebelum tanggal tersebut berakhir. Jika kita mengkonsumsi produk yang sudah kadaluwarsa, itu berarti kita mengkonsumsi produk yang mutunya sudah jelek atau sudah tidak layak konsumsi yang mana dapat membahayakan kesehatan. Jadi sebaiknya kita hanya mengkonsumsi produk dengan label "Exp." jikalau belum melewati tanggal yang telah ditentukan.

2. Best Before/Best if Used by/Baik Digunakan Sebelum

Berbeda dengan Exp. date yang mengacu pada keamanan, tanggal "Best Before" atau "Baik Digunakan Sebelum" ini sebenarnya lebih mengacu pada kualitas makanan (baik dari tekstur, rasa dan kesegaran). Hal ini berarti produk pangan tersebut memiliki kualitas paling baik yang dapat dikonsumsi apabila belum melewati tanggal tersebut. Jadi sebenarnya produk yang sudah melewati tanggal Best Before masih layak untuk dikonsumsi.

Misalnya dalam produk susu, anda masih bisa meminum susu tersebut meskipun sudah melewati tanggal Best Before hingga 2-3 hari. Tentunya dengan beberapa catatan seperti kemasan masih dalam kondisi baik, belum ada kebocoran yang dapat menjadi peluang makanan tersebut terkontaminasi oleh bakteri dan lain sebagainya.

Namun juga perlu diingat, bahwa tidak semua makanan/minuman yang menggunakan istilah "Best Before" boleh dikonsumsi melewati tanggal yang ditentukan. Beberapa produk seperti ikan dan daging sebaiknya tidak dikonsumsi setelah tanggal Best Before berakhir karena biasanya makanan jenis ini lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri sehingga bisa jadi masa "Best Before" mereka lebih singkat daripada yang seharusnya. Untuk itu alangkah baiknya anda segera mengkonsumsi makanan/minuman yang sudah anda buka atau menyimpannya sesuai aturan yang biasanya tertera dalam kemasan.

3. Sell by

Sama halnya dengan Best Before, produk dengan label "Sell by" masih dapat dikonsumsi meskipun telah melewati batas waktu yang telah ditentukan, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang telah saya jelaskan di atas. Bedanya, istilah ini lebih mengarah kepada sampai berapa lama produk ini boleh ditampilkan di toko.

Biasanya pihak toko akan meletakkan produk yang paling dekat waktunya dengan tanggal-tanggal di atas berada di rak paling depan, harapnnya agar produk tersebut cepat laku dan tidak melewati masa habis pakainya. Terkadang mereka juga menjual barang yang hampir kadaluwarsa dengan harga diskon besar-besaran untuk mengait konsumen agar tidak menimbulkan kerugian. Terlepas dari itu semua, alangkah baiknya jika kita tetap memilih mengkonsumsi produk yang belum melewati tanggal kadaluwarsa agar terhindar dari segala bentuk risiko yang tidak kita inginkan.

Sekian informasi mengenai Tanggal Kadaluwarsa. Apabila bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel