Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros

Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros

Saat ini ponsel pintar atau Smartphone sudah seperti kebutuhan yang wajib terpenuhi bagi masyarakat kita. Lebih dari 80% ponsel yang beredar di pasaran merupakan telepon pintar dengan berbagai sistem operasi yang diusungnya, mulai dari Tizen OS dari Samsung, Android nya Google, iOS dari Apple hingga Windows Phone yang dikeluarkan oleh Microsoft merupakan sebagian dari sistem operasi yang paling populer digunakan di dunia untuk saat ini.

Namun dari banyaknya varian sistem operasi yang diusung oleh berbagai vendor ternama tersebut semuanya memiliki permasalahan yang serupa yaitu Boros Baterai, terutama untuk Smartphone bersistem operasi Android yang terkenal dengan waktu ketahanan baterai yang rendah. Hal inilah yang kemudian menjadi masalah utama yang harus segera diatasi karena sebaik apapun performa suatu Handphone akan sangat percuma jika tidak memiliki waktu ketahanan baterai yang tinggi pula untuk menunjang performa tersebut.

Seiring berjalannya waktu, berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk membuat inovasi baru agar masalah ketahanan baterai tersebut dapat teratasi. beberapa diantaranya adalah dengan ditemukannya layar berjenis AMOLED (Active Matrix Organic Ligh Emitting Diode). Layar berjenis AMOLED memiliki kelebihan yaitu ia hanya akan menghasilkan cahaya kerika dialiri arus listrik. Efeknya adalah ketika layar menampilkan gambar yang berwarna hitam seperti wallpaper berwarna hitam dan sebagainya, maka pixel yang menampilkan warna hitam tersebut tidak akan menyala atau benar-benar dimatikan, alhasil secara teori baterai akan lebih hemat dibandingkan layar jenis lain seperti TFT ataupun layar berjenis IPS.

Disamping itu, kini kita sudah sangat familiar dengan adanya Power Bank sebagai sumber daya apabila Smartphone kita kehabisan baterai di tengah perjalanan dan kesulitan menemukan sumber listrik. Dengan bentuknya yang minimalis dan dapat dibawa kemana-mana, Power Bank memang menjadi pilihan yang bijak bagi pengguna Smartphone.

Akan tetapi bukan berarti Power Bank boleh digunakan terus menerus dalam kurun waktu yang lama. Alasannya adalah karena biasanya Power Bank memiliki output yang berlebihan dan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Smartphone kita, sehingga baterai akan lebih cepat terisi dibanding biasanya dan hal ini tentu akan membuat ketahanan baterai berkurang di masa yang akan datang. Terlebih pada umumnya seorang yang memakai Power Bank juga menggunakan Smartphone mereka dalam keadaan menyala bahkan mungkin juga dipakai untuk bermain game-game berat selama berjam-jam lamanya. Hal-hal seperti ini tentu tidaklah sehat bagi Baterai Smartphone anda.

Untuk mengatasinya, kini sudah banyak produsen Smartphone membuat Smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup besar hingga 4000 mAh bahkan lebih. Dengan daya sebesar itu diharapkan baterai Smartphone akan bertahan lebih lama dibanding biasanya. Kemudian untuk mengatasi masalah waktu pengisian baterai yang lama akibat besarnya kapasitas tersebut, sekaran ini banyak Smartphone yang menggunakan teknologi Fast Charging yang dapat mengisi baterai dengan lebih cepat dan efisien.

Terlepas dari hal-diatas, kami akan memberikan anda beberapa tips Bagaimana Cara Menghemat Baterai Smartphone Android agar baterai anda lebih tahan lama:

1. Kurangi Kecerahan Layar 


Layar merupakan salah satu bagian yang menguras tenaga baterai paling banyak. Kebanyakan ponsel pintar saat ini menggunakan layar berjenis layar sentuh dengan berbagai tipe dan ukuran mulai dari 3" hingga lebih dari 5". Hal ini tentu sangat mempengaruhi ketahanan baterai terlebih jika kita mengatur tingkat kecerahan layar yang sangat tinggi yang mana akan berbanding lurus dengan jumlah tenaga yang dibutuhkan ponsel tersebut.

Dengan mengatur kecerahan layar rendah, maka secara teori dapat membuat baterai Smartphone anda lebih tahan lama. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya anda tidak mengaturnya terlalu rendah karena kecerahan layar yang sangat rendah akan mengakibatkan mata kita bekerja lebih keras untuk menangkap gambar dari layar Smartphone anda. Terlebih jika hal ini dilakukan secara terus menerus tentunya lambat laun dapat merusak mata kita.

2. Menutup Aplikasi yang tidak digunakan


Kebanyakan dari kita menutup sebuah aplikasi yang sudah tidak kita pakai menggunakan tombol home. Padahal aplikasi yang kita tutup melalui tombol home sebenarnya masih berjalan di background dan pastinya secara tidak langsung akan menguras baterai Smartphone anda. Ada baiknya jika kita menutup aplikasi tersebut secara manual atau dengan menutupnya menggunakan tombol multitasking yang biasanya sudah teredia di semua Smartphone khususnya Android agar baterai anda tidak terbuang sia-sia.

3. Hindari Pemakaian Live Wallpaper


Dengan menggunakan Live Wallpaper yang keren maka Smartphone anda juga terlihat lebih keren dari biasanya. Namun pemakaian Live Wallpaper juga berdampak pada ketahanan baterai anda karena Smartphone akan secara otomatis mereload gambar secara real-time sehingga akan berdampak pada ketahanan baterai anda.

4. Gunakan Modus Pesawat


Di daerah terpencil biasanya sangat minim sinyal, bahkan mungkin di daerah tersebut tidak ada sinyal sama sekali. Pada saat itulah ponsel akan bekerja lebih keras dari biasanya dalam mencari sinyal. Bisa dibuktikan saat kita menggunakan ponsel untuk menelepon di area yang minim sinyal, maka suhu ponsel tersebut akan lebih panas daripada biasanya. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan Modus Pesawat atau mematikan ponsel anda saat berada di daerah yang kekurangan sinyal.

5. Matikan Data Seluler, Bluetooth, Wifi, GPS dan Sejenisnya


Ponsel pintar memang memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat apabila digunakan dengan baik seperti data seluler, wifi, GPS dan lain sebagainnya. Namun sebenarnya fitur tersebut tidak selalu dibutuhkan. Contohnya jika di derah tersebut tidak ada jaringan wifi maka sebaiknya kita juga mematikan fitur tersebut dengan alasan yang sudah dijelaskan pada poin nomor 4, yaitu agar Smartphone tidak terbebani untuk mencari sinyal yang sudah jelas-jelas tidak ada.

Namun khusus untuk GPS saya secara pribadi tidak menyarankan untuk mematikn fitur tersebut. Alasannya adalah karena fitur ini akan sangat berguna saat anda kehilangan ponsel yang mana hal ini merupakan sebuah ketidak pastian yang tidak bisa di baca dan tentunya setiap orang tidak ingin mengalaminya. Dengan adanya GPS maka Smartphone anda dapat dilacak keberadaannya.

6. Gunakan Earphone untuk Mendengarkan Musik


Mendengarkan musik merupakan kebutuhan bagi sebagian orang. Dengan adanya Smartphone maka seseorang akan dimudahkan dalam memutar musik dimanapun dan kapanpun ia berada. Akan tetapi memutar musik juga membutuhkan daya yang tidak sedikit dari ponsel anda, terlebih bila anda memutar musik dengan volume tinggi dan dalam jangka waktu yang lama.

Jika tujuan utama anda memutar musik adalah untuk didengarkan sendiri, alangkah baiknya jika anda menggunakan Earphone dan sejenisnya. Selain lebih hemat bateri karena ukurannya yang kecil, suara yang dihasilkan oleh Earphone biasanya juga lebih baik dibandingkan dengan suara yang dihasilkan oleh speaker bawaan Smartphone yang mana tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan anda saat mendengarkan musik.

7. Gunakan Modus Hemat Daya


Bukan hal asing lagi bahwa Modus Hemat Daya merupakan solusi yang ampuh untuk membuat baterai anda lebih tahan lama. Prinsipnya yaitu dengan mematikan fitur yang tidak terlalu dibutuhkan keberadaannya, seperti Live Wallpaper, membekukan aplikasi yang berjalan di background, mengurangi tingkat kecerahan layar dan lain sebagainya yang tentunya akan membuat baterai anda lebih hemat.

8. Kendalikan Diri Sendiri


tidak diragukan lagi bahwa faktor utama yang menjadi kunci boros tidaknya suatu Smartphone yaitu penggunaan kita sehari-hari. Orang yang menggunakan Smartphone mereka untuk bermain game berat tentu memiliki ketahanan baterai yang lebih rendah dibandingkan orang yang menggunakan Smartphone mereka hanya untuk sekedar update status di sosial media seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

Hal seperti ini memang tidak dapat dihindari karena kebutuhan setiap individu itu berbeda-beda. Oleh karena itu langkah terbaik adalah dengan mengatur diri anda sendiri agar tidak berlebihan dalam menggunakan Smartphone seperti menggunakan sosial media seperlunya, bermain game sewajarnya atau menggunakan waktu luang anda untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti membaca buku ke perpustakaan, mendekatkan diri dengan keluarga, atau berkumpul dengan teman dekat anda secara langsung tanpa melalui media perantara merupakan pilihan yang bijak untuk dilakukan.

Demikian beberapa tips Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros yang dapat kami berikan. Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel