Fakta Unik Seputar Google


Siapa sih yang tidak kenal dengan nama Google? Mulai dari Kakek-kakek, Nenek-Nenek, Bapak-bapak, Ibu-ibu hingga Anak-anak yang belum mengenyam bangku sekolah (kalau yang satu ini sih kayaknya lebih ke kegagalan Orang Tua dalam mendidik anaknya) mengenal nama tersebut, ya minimal mereka tahu atau pernah mendengar nama tersebut.

Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin tahun 1998 ini berpusat di Amerika Serikat dan sudah melalang buana di dunia Internet dengan berbagai macam layanan unggulan mereka mulai dari Mesin Pencari terpopuler Google Search, Google Maps, Google Mail, hingga Operating System Handphone yang paling banyak digunakan di dunia untuk saat ini yaitu Android.

Di balik semua itu, tentu menjadi menarik ketika kita membicarakan mengenai fakta-fakta unik seputar Google yang masih belum banyak diketahui oleh orang. Beberapa diantaranya antara lain sebagai berikut:


1. Kok bisa diberi nama Google?

Pada mulanya, perusahaan ini tidak langsung menggunakan nama "Google", melainkan "Backrub" dikarenakan faktor pertimbangan yang mengacu pada sistem yang menggunakan backlink untuk menilai seberapa penting sebuah situs.
Kemudian mengenai nama Google sendiri sebenarnya merupakan nama yang ditemukan secara tidak sengaja. Nama ini diambil dari percakapan dua orang anak perempuan bernama Milton Sirotta dan Edwin Sirotta yang mengucapkan kata "Googol". Googol ini merupakan sebuah perhitungan Matematika angka satu yang diikuti oleh 100 angka nol.

2. Server Berbahan LEGO

Server memegang peran penting dalam sebuah perusahaan berbasis internet, tak terkecuali bagi Google. Namun siapa yang menyangka kalau server pertama yang dimiliki oleh Google terbuat dari Lego? iya, Lego, anda tidak salah baca :D .
Ketika pendiri google akan membuat server untuk melakukan pengujian, awalnya mereka menyusun hard drive di atas tumpukan Lego yang dibentuk seperti sebuah lemari. Selain murah (karena keterbatasan biaya), Lego juga sangat fleksibel saat digunakan sebaik kerangka. Mereka bisa mengatur bentuk, ukuran tinggi sesuai selera sehingga lemari dari Lego tersebut dengan mudah dapat dibongkar jika mereka membutuhkan tambahan hard drive. tapi alasan utamanya ya seperti yang disebut di atas, Keterbatasan Dana :D .

3. Googler, Noogler, Xoogler

Ada sebuah tradisi unik yang ada di Google, yaitu penamaan para karyawannya. Sebutan Googler sendiri digunakan untuk seorang karyawan Google secara umum.
Kemudian ada pula sebutan Noogler yang mana digunakan untuk menyebut karyawan baru yang baru bergabung dengan Google. di sisi lain, untuk orang-orang yang sudah keluar atau sudah tidak lagi bekerja di Google mereka memanggilnya dengan sebutan Xoogle alias Ex-Google.

4. Nama lain Google.com

Sadar atau tidak, beberapa orang terkadang salah menuliskan kata Google.com di mesin pencarian, walaupun mungkin perbandingannya 1 : 1000 . Oleh karena itu, Google juga telah membeli beberapa nama domain yang berpeluang dalam 1 : 1000 terpelesetnya penulisan kata Google.com.
Beberapa nama domain tersebut antara lain Gooogle.com, Gogle.com, Googlr.com hingga 466453.com. Loh kok? darimana asalnya itu angka 466453? Untuk mengetahui masalah ini, silakan perhatikan gambar yang telah kami buat di bawah ini:

Nah sudah terjawab kan darimana munculnya angka 466453. Alhamdulillah :D .

5. Beberapa karyawan Google adalah Domba

Di tahun 2009, Google memutuskan untuk menggunakan Jasa Potong Rumput dari sekitar 200 ekor Domba untuk membersihkan rumput liar di sekitar halaman perusahaan tersebut. Domba-domba ini disewa dari perusahaan bernama California Grazing dan tentunya hal ini bukan tanpa alasan. Dengan mempekerjakan Domba sebagai pengganti mesin pemotong rumput, itu juga berarti bawa lebih sedikit udara kotor di sekitar perusahaan tersebut. Langkah ini juga sangatlah efektif karena secara tidak langsung halaman perusahaan Google akan menjadi subur berkat pupuk alami yang dihasilkan oleh sekitar 200 Domba tersebut.

6. Tweet Pertama Google

Satu hal lagi yang sangat unik dari Google, yaitu tweet pertama mereka yang berisi "I'm 01100110 01100101 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010". Bagi orang awam seperti saya pastinya akan kebingungan dengan tweet tersebut, namun secara singkat tweet tersebut menggunakan angka biner yang dapat diartikan menjadi kalimat " I'm Feeling Lucky".

7. Beranda Google

Ketika kita melihat beranda Google, maka akan tampak gambar utama bertuliskan kata Google yang memiliki desain yang berbeda-beda tergantung peristiwa yang terjadi pada saat itu. Gambar inilah yang kita kenal dengan nama Google Doodle. Google Doodle pertama kali dibuat pada tahun 1998 kala pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin mengunjungi Festival Burning Man di Gurun Sevada dan mereka ingin memberi notifikasi kepada orang-orang mengenai acara tersebut. Maka dibuatlah Google Doodle yang menggambarkan acara tersebut yang mereka beri nama "The Burning Man Doodle".
Selain itu, di beranda Google ada pula tombol yang bertuliskan "Saya Sedang Beruntung". Fungsi tombol ini adalah sebagai tombol yang akan langsung membawa anda masuk ke dalam sebuah situs atau web teratas dari suatu pecarian sesuai dengan kata kunci yang anda masukkan. Misalnya ketika kita menulis Facebook, maka akan secara otomatis masuk ke dalam situs Facebook tanpa melewati hasil pencarian lain dengan kata kunci yang sama. Namun hal ini sebenarnya juga berdampak pada kerugian bagi pihak Google karena secara tidak langsung, melewati hasil penelusuran sama artinya dengan melewatkan iklan yang disediakan oleh Google.

Demikian beberapa Fakta Unik sekaligus menarik Seputar Google. Apabila Artikel ini bermanfaat, bantu kami menyebarluaskannya ke teman-teman kalian. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel