Cara Menyembunyikan File di Komputer


Menyembunyikan file di dalam laptop atau komputer kita terkadang memang dibutuhkan. Beberapa orang memilih menyembunyikan file-file penting mereka dengan berbagai macam alasan yang bervariasi, mulai dari agar tidak dapat diakses orang lain, menghindari tindakan usil teman atau sahabat yang mengambil foto pribadi tanpa izin dan menyebarluaskannya, dan lain sebagainya.

Meski sebenarnya terbilang sederhana, tetapi masih saja banyak orang yang kesulitan untuk menyembunyikan file di komputer mereka, terlebih bagi orang yang masih awam atau baru mengenal dunia komputer. Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara menyembunyikan file yang ada di dalam komputer atau laptop, khususnya komputer yang menggunakan sistem operasi Windows di dalamnya ( ilustrasi di atas hanya sebagai pemanis :D ).

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah Memilih File yang ingin anda sembunyikan. Segala jenis file bisa kita sembunyikan mulai dari gambar, video, RAR, hingga sebuah folder. Di sini saya menggunakan contoh folder dengan judul Anime di dalam penyimpanan (E:).


Setelah file yang akan anda sembunyikan sudah anda tentukan, selanjutnya adalah melakukan Klik Kanan pada file tersebut kemudian pilih Properties. Biasanya properties berada di pilihan paling bawah.


Kemudian akan muncul jendela baru berisi rincian file yang anda pilih mulai dari tempat penyimpanan, ukuran, ataupun jumlah folder. tidak usah dipikirkan kenapa file saya bisa berukuran 221 GB :D.


Nah disinilah bagian utamanya. Untuk menyembunyikan file, anda harus mencentang kotak pilihan yang bertuliskan Hidden, kemudian pilih OK. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini;


Jika yang ingin anda sembunyikan adalah folder, maka akan keluar Pop Up konfirmasi mengenai apa yang ingin anda sembunyikan. Ada 2 opsi yang bisa anda pilih, penjelasannya adalah;

1. Apply changes to this folder only
Saat anda memilih opsi ini maka yang akan disembunyikan hanyalah folder utama yang anda pilih saja. Jika di dalam folder tersebut terdapat file lain, maka file tersebut tidak tersembunyikan/ter-Hidden dan masih dapat diakses melalui fitur pencarian di pojok kanan atas.

2. Apply changes to this folder, subfolders and files
Berbeda dengan opsi nomor satu, pilihan ini juga akan menyembunyikan semua file yang ada di dalam folder tersebut. Filenya juga tidak akan bisa diakses melalui fitur pencarian.


Karena ukuran folder saya sangat besar dan banyak file maupun folder di dalamnya, maka jika saya memilih opsi nomor 2 kan memakan waktu yang cukup lama, alhasil saya menggunakan opsi nomor 1. Dalam kasus saya, selain lebih cepat, menyembunyikan folder utamanya saja sudah cukup untuk mengelabuhi orang lain bahwa penyimpanan (E:) saya benar-benar kosong. Lagi pula, siapa juga yang kepikiran sampai mencari-cari file melalui fitur pencarian jika mereka sudak merasa tidak ada file yang terlihat :v.

Selanjutnya tinggal pilih OK dan Tarraaa!, file anda sudah tidak terlihat lagi.


Lalu bagaimana caranya supaya kita dapat mengakses file yang disembunyikan tadi? Sudah susah-susah menyembunyikan file dengan tujuan agar tidak dapat diakses orang lain, tapi hasilnya malah kita sendiri yang tidak bisa mengaksesnya, kan konyol juga :v.

Caranya silahkan anda masuk tab View di bagian atas jendela Explorer, kemudian centang kotak Hidden Item seperti gambar di bawah ini;


Nah, sekarang file yang anda sembunyikan tadi akan tampak sedikit transparan dan sudah bisa anda akses kembali.

Demikian artikel mengenai "Cara Menyembunyikan File di Komputer". Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel