Hal-hal Baru di dalam Iphone X


Hal-hal baru di dalam Iphone X
September lalu Apple memperkenalkan ponsel terbarunya dengan nama Iphone X, "X" disini diartikan sebagai angka sepuluh atau lebih tepatnya disebut dengan Iphone Ten. CEO Apple Tim Cook sendiri mengklaim bahwa Iphone X merupakan sebuah lompatan terbesar pertama sejak Iphone pertama kali diperkenalkan. Lalu sebenarnya apa yang spesial dari seri terbaru Iphone yang dihargai 20 jutaan ini?

Full Layar

Layar Iphone X


Hal yang paling berkesan saat pertama kali melihat Iphone X adalah layarnya yang hampir menutupi seluruh bagian depan smartphone, hanya tinggal beberapa milimeter di area atas layar untuk menempatkan sederet sensor Face ID dan juga kamera. Iphone X memiliki bentang layar seluas 5.8 Inch dengan aspek rasio 19,5:9, lebih lega ketimbang Samsung galaxy S8 yang menggunakan aspek rasio 18:9. rasio yang lega ini menjadi nilai jual tersendiri bagi Iphone X. Selain unik, mpengalamn meonoton video dan bermain game menjadi lebih asik, terlebih untuk aplikasi yang sudah mendukung aspek rasio tersebut.

Hilangnya tombol Home

Produk Iphone identik dengan tombol bulat melingkar dia area bawah dagunya, akan tetapi di seri Iphone X ini Apple benar-benar menghilangkan ciri khas tersebut dan menutupi ruang tersebut dengan layar. Alhasil untuk membuka tutup aplikasi dan lain sebagainya yang biasa diakses dengan tombol home kini digantikan dengan cara swipe layar. Sekilas fungsi swipe ini hampir sama dengan swipe yang ada di Blackberry 10. Untuk itu bagi pengguna seri Iphone sebelumnya mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian jika memakai Iphone X.

Face ID

Face ID Iphone X

Dengan ketiadaan tombol home yang diseri sebelumnya juga digunakan sebagai sensor Touch ID, sebagai penggantinya kini Apple membekali Iphone X dengan sensor yang lebih kekinian yaitu Face ID. Sensor ini dapat digunakan untuk membuka kunci layar tanpa perlu menekan tombol lock di samping kanan handphone, hanya perlu menematkannya di depan area wajah kita. Fungsinya juga sangat fleksibel, baik dari jarak dekat maupun cukup jauh (sewajarnya yah :D) hingga di tempat terang maupun gelap sensor Face ID ini dapat berjalan dengan optimal. Bisa dibilang sensor Face ID di Iphone X ini merupakan yang tebaik dipasaran untuk saat ini.

Kamera Makin Gahar

Kamera Iphone X

Dari segi kuaitas kamera, sudah tidak diraguka lagi kalau Iphone merupakan salah satu yang menduduki kasta tertinggi. Kamera belakang Iphone X memiliki resolusi 12+12 Megapixel sedangkan kamera depannya 7 Megapixel. Setelah bertahan sekian lama, akhirnya di seri X ini Iphone dapat merekam video Beresolusi 4K 60fps. Tak hanya itu, Iphone X juga dapat merekam video slow motion Full HD hingga 240fps. Alhasil Gambar yang dihasilkan sangat smooth dan tajam.

Yang tak kalah menarik di sektor ini adalah hadirnya fitur Potrait Lighting. Dengan fitur ini, pengguna dapat mngatur pencahayaan sesuai yang inginkan untuk menghasilkan gambar bokeh ala studio foto. walau untuk saat ini masih versi beta, tetapi pasti kedepannya fitur ini akan cepat berkembang dan mungkin diadopsi oleh vendor lainnya.

Animoji

Animoji Iphone X

Animoji memang bukanlah sebuah hal baru, tetapi beda ceritanya jika menyangkut produk Iphone. DI Iphone X Sensor Face ID dan juga kamera depannya dapat digunakan sebagai penangkap gerak wajah dan suara yang kemudian divisualkan dalam bentuk wajah kartun 3 dimensi. Hasil yang ditampilkan juga cukup baik dengan pergerakan yang hampir sama dengan aslinya.

Nah itu tadi beberapa hal baru di Iphone X yang sudah saya rangkum. Apabila ada kesalahan mohon dimaafkan dan jika informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel