4 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Powerbank

4 Hal yang Harus  Anda Perhatikan Sebelum Membeli Powerbank
Ilustrasi di ambil dari computergeekblog.com

Keberadaan baterai handphone, baik feature phone maupun smartphone sangatlah penting adanya. Jika dianalogikan dalam anatomi tubuh manusia, mungkin fungsinya hampir sama dengan jantung, dimana ia menyuplai darah mengalir ke seluruh tubuh agar dapat bekerja sebagaimana fungsinya. Tanpa adanya baterai, secanggih apapun sebuah handphone maka itu tidak akan ada gunanya.
Di masa lalu, untuk mengisi baterai kita harus mencari colokan listrik terlebih dahulu. Tapi sekarang, dengan adanya powerbank maka fungsi colokan listrik itu sendiri sudah dapat tergantikan. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin mengisi baterai handphonenya, tetapi ia tidak berada di wilayah yang tidak memungkinkan adanya listrik, semisal di pedalaman hutan dan sebagainya. Untuk itu, kali ini saya akan share beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli powerbank:

1. Output Powerbank

Sebelum membeli powerbank alangkah baiknya jika anda memperhatikan terlebih dahulu di charger bawaannya berapa tegangan standar yang dibutuhkan handphone anda, kemudian menyesuaikannya dengan output powerbank yang akan kita beli.
Secara logika, Semakin tinggi output sebuah powerbank maka semakin cepat pula pegisian baterai tersebut, dan kebanyakan orang juga menyukai hal ini. Hanya saja jika kita memaksakan tegangan yang terlalu tinggi dari tegangan yang dibutuhkan baterai handphone kita, maka efeknya umur baterai tersebut akan semakin cepat berkurang dan mudah drop.
Misalnya jika Output charger standar handphone anda adalah 1 Ampere, maka sebaiknya anda mencari powerbank dengan keluaran 1 Ampere juga. Ini akan membuat baterai anda lebih tahan lama ketimbang dengan memaksakan handphone memakai powerbank dengan output lebih dari 1 Ampere.
Saat ini sudah tersedia powerbank yang memiliki fitur fast charging, dimana fitur ini memungkinkan pengisian baterai dengan lebih cepat dan tentunya aman. Namun fitur ini hanya bisa digunakan oleh handphone yang mendukung fast charging juga. Jika handphone anda tidak memiliki fitur fast charging, ya sebaiknya anda tidak usah membeli powerbank yang memiliki fitur fast charging karena tidak ada gunanya.

2. Kapasitas Powerbank

Hal kedua yang pantas untuk kita pertimbangkan adalah berapa kapasitas powerbank. Untuk kapasitas, saya sarankan untuk membeli powerbank yang mampu menampung daya yang tinggi, misal 10.000 mAh, 12.000 dan seterusnya. Semakin besar kapasitas powerbank maka semakin banyak pula baterai yang dapat kita isi dalam kurun waktu satu kali pengecasan powerbank tersebut.
Contohnya ketika anda membeli power bank berkapasitas 10.000 mAh, sedangkan kapasitas baterai handphone anda hanya berkapasitas 2000 mAh, maka setidaknya powerbank tersebut dapat mengisi baterai anda sebanyak 4-5 kali.
Satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah memastikan bahwa kapasitas powerbank tersebut benar-benar sesuai atau sering kita sebut dengan real capacity, jangan terlalu mudah percaya jika menemukan powerbank berkapasitas tinggi dengan harga yang sangat murah. Ini dikarenakan saat ini banyak sekali powerbank abal-abal yang mengklaim memiliki kapasitas yang besar misal 30.000 mAh namun sudah habis dipakai 2 kali pengecasan.
Cara paling mudah membedakan antara powerbank real capaity dengan power bank abal-abal untuk saat ini adalah dengan melihat besar dan berat powerbank itu. Secara logika, semakin besar kapasitas sebuah powerbank maka harusnya semakin besar dan berat pula powerbtank tersebut. Meskipun mungkin seiring berjalannya waktu akan ditemukan teknologi powerbank berkapasitas tinggi dengan bentuk yang kecil nantinya.

3. Merek

Tak bisa dipungkiri, nilai dari merek atau brand juga sangat penting keberadaannya. Merek yang baik biasanya tidak hanya menjual produk itu saja, melainkan ada pelayanan semisal garansi di balik itu semua. Sangat disayangkan bila sudah mahal-mahal membeli powerbank dan setelah dipakai beberapa hari powerbank tersebut mati tanpa sebab dan tidak bisa klaim garansi karena merek tersebut memang tidak memberikan garansi dari setiap produknya. Untuk itu alangkah baiknya jika anda membeli powerbank dengan merek yang ternama, meskipun biasanya harga yang dipatok juga sedikit lebih tinggi.
Ada banyak sekali merek powerbank berkualitas yang bisa dijadikan gambaran nantinya. Robotdan Vivan adalah sebagian kecil merek yang sudah terbukti kualitasnya mulai dari segi produk hingga pelayanannya. Saran saya sebaiknya anda mengecek di situs resmi produk yang ingin anda beli, karena saat ini banyak powerbank palsu dari brand/merek ternama beredar di pasaran, padahal brand tersebut sebenarnya tidak pernah mengeluarkan produk tersebut.
Misalnya powerbank yang berkapasitas tinggi dengan harga murah dari Samsung. Produk tersebut sebenarnya adalah produk palsu yang memanfaatkan merek Samsung yang sudah terkenal di seluruh dunia untuk meraup keuntungan.

4. Harga

Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, barulah kita menyesuakannya dengan isi kantong kita. Jika mempunyai uang lebih, alangkah baiknya jika anda membeli powerbank ternama yang berkapasitas besar supaya tidak bolak-balik mengecas powerbank tersebut. Tetapi jika sekiranya dana anda tidak terpenuhi, mungkin sebaiknya anda mempertibangkan untuk membeli powerbank dari merek ternama namun dengan kapasitas yang lebih kecil.
Saya pribadi tidak menyarankan anda untuk membeli powerbank murah berkapasitas besar namun mereknya kurang terkenal, karena bisa saja powerbank tersebut ternyata mudah rusak di masa yang akan mendatang. Bukankah lebih baik kita mencari aman dengan membeli powerbank yang sudah terpercaya? Yah walaupun lebih baik lagi jikalau ada powerbank murah dari merek terpercaya dengan kapasitas yang cukup besar, hehe.

Demikian artikel mengenai "4 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Powerbank". Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel