9 Aplikasi Wajib untuk Komputer Anda

9 Aplikasi Wajib untuk Komputer Anda

Komputer baik PC maupun laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan cukup penting bagi masyarakat, khususnya para mahasiswa yang setiap harinya berurusan dengan tugas makalah. Hal ini dikarenakan cepatnya kemajuan teknologi di berbagai bidang, sehingga mau tidak mau masyarakat harus menyesuaikan diri mereka agar tidak terlalu ketinggalan zaman.

Dari sekian banyaknya pekerjan yang dapat dilaksanakan oleh sebuah komputer, menurut saya pribadi ada beberapa aplikasi yang seharusnya ada dalam komputer anda, khususnya komputer dengan sistem operasi windows yang sudah cukup familiar di Indonesia. beberapa aplikasi tersebut akan saya kategorikan menjadi 9 bagian di bawah ini:

1. Office

Aplikasi yang sangat fital keberadaannya dalam sebuah komputer adalah apliasi Office, apapun itu namanya. Kategori ini saya masukkan di urutan pertama karena alasan utama sebagian besar orang membeli sebuah komputer adalah untuk menunjang produktifitas sehari-hari dan mempermudah pekerjaan mereka. Kita ambil contoh seoang guru, mereka membutuhkan aplikasi office untuk membuat power point, membuat catatan nilai rapor muridnya dan lain sebagainya. Begitu juga dengan profesi lain, misal di Perbankan, Percetakan, Notaris, Advokat hingga Pelajar/Mahasiswa dan lain-lain juga sangat membutuhkan aplikasi ini.

Umumnya di sistem operasi windows menggunakan yang namanya Microsoft Office, dan didalamnya sudah berisi banyak aplikasi mulai dari Microcsoft Word, Microcsoft Excel, dan seterusnya. Akan tetapi, tidak semua komputer baru sudah terinstal aplikasi-aplikasi tersebut, bahkan kebanyakan komputer dijual tanpa hadirnya sistem operasi di dalamnya, alias kosongan. Itulah mengapa saya tetap memasukkan kategori Office dalam artikel ini, ya walaupun kalau kita menginstal ulang windows bajakan di servisan biasanya aplikasi ini sudah ikut disertakan gratis oleh mereka.

2. Browser

Kurang lengkap memang kalau PC maupun laptop kita tidak bisa menggunakan jaringan internet. Menurut pengamatan saya, hampir 80% atau bahkan lebih informasi tersedia di internet, yaah walaupun kebenaran data-data tersebut masih diragukan sebagian besar orang termasuk saya. Itulah sebabnya kita sangat membutuhkan browser untuk dapat mengakses informasi-informasi tersebut.

Tapi tunggu dulu, bukannya setiap sistim operasi itu sudah tersedia aplikasi browser bawaannya? Bahkan di windows 10 itu sudah tersedia Microsoft Edge dengan performa yang sangat ringan dan cukup menjanjikan. Ya Memang, setiap OS sudah tersedia browser bawaannya dan sebenarnya sudah cukup dengan, tapi fiturnya sendiri masih sangatlah minim, semisal ekstensi yang masih sedikit dibanding browser eksternal dan lain sebagainya. Saya sendiri hanya menggunakan browser bawaan untuk mendownload browser lain dan kemudian menginstal downloadan browser tersebut untuk kegiatan browsing sehari-hari. Selain itu karena sangat ringan saya malah menggunakan browser bawaan untuk membaca file pdf.

Ada banyak sekali browser yang ada di internet saat ini, mulai dari Google Chrome, UC Browser, Mozilla Firefox, Cyberfox, Opera dan sebagainya yang dapat diunduh secara gratis. Saya sendiri menginstal banyak browser di laptop untuk menguji mana browser yang paling baik, dan sejauh ini saya lebih merekomendasikan Google Chrome dan UC Browser. Secara fitur Google Chrome saja sebenarnya sangatlah cukup, tapi saya menggunakan UC karena performanya mendownload file menurut saya cukup bagus, meski download gagal terkadang masih bisa untuk dilanjutkan. Terlebih ada banyak pilihan tema yang bisa diganti dan fitur download video saat memutar di youtube juga sangatlah membantu.

3. Antivirus

Meskipun sangat penting, tapi sebenarnya saya tidak mau memasukkan kategori Antivirus ke dalam tulisan ini. hal ini dikarenakan saya lebih suka menggunakan antivirus dari bawaan Windows, yaitu Windows Defender. Kenapa? karena sebenarnya antivirus itu dibuat untuk melawan virus-virus yang beredar baik online maupun Offline.Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu, virus itu juga mulai berevolusi (yah, sebenarnya ketika firus dibuat dan sudah tidak dapat menembus sistem lagi, maka hacker akan mencari celah dalam sistem tersebut dan membuat virus baru agar dapat membobolnya) seiring berjalannya waktu. Jadi simpulannya, Antivirus apapun, selama ia di update secara teratur, maka otomatis ia juga dapat menangkal virus-virus baru tersebut.

Nah di atas tadi kan menurut pendapat saya, dan mungkin berbeda dengan masing-masing individu. Muungkin kalian kurang suka dengan performanya, tampilan dan sebagainya, oleh karena itu saya akan memberikan beberapa rekomendasi Antivirus yang "Sering dipakai orang", yaitu Bit Defender, Avast, Avira, Smadav, Eset, dan masih banyak lagi yang dapat kalian cari artikelnya di website lain.

4. RAR Archiver

Kategori ketiga adalah RAR Archiver. Fungsi utama aplikasi jenis ini adalah untuk membuka file maupun folder yang di kompres ke dalam format RAR maupun ZIP. Begitu pula sebaliknya, aplikasi ini juga dapat mengompres file maupun folder biasa ke dalam format RAR maupun ZIP.

Banyak alasan kenapa mereka melakukan kompres kepada file tersebut, misalnya untuk memperkecil ukuran file (Walau tidak terlalu signifikan penurunannya, mungkin hanya kisaran beberapa MB saja) yang mana tentu saja akam membuat penyimpanan menjadi lebih lega, menggunaka fitur keamanan sandi agar tidak semua orang dapat mengakses file tersebut, serta untuk menghindari terhapusnya file karena dianggap virus oleh antivirus (sering terjadi pada aplikasi keygen, crack dan sejenisnya).

Untuk kategori aplikasi RAR Archiver, saya lebih merekomendasina WinRAR atau kepanjangannya Windows RAR. Alasannya karena aplikasi ini sudah sangat familiar, dan saya sendiri dari awal memiliki komputer tidak pernah mencoba aplikasi RAR Archiver lainnya sebab fiturnya sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan saya.

5. Music Player

Hidup memang kadang terasa garing jika tidak diselingi dengan musik favorit. Segala aktivitas di komputer yang berhubungan dengan audio mulai dari musik, rekaman, ceramah, murottal, dan lain sebagainya membutuhkan aplikasi Music Player untuk memutarnya.

Di Windows 10 ada pemutar musik yang namanya Groove Music dan saya pribadi sangat suka dengan tampilannya yang elegan. Untuk memutar file musik biasa sangatlah mudah dan cepat, ia juga mendukung berbagai format mulai dari MP3 hingga Flac. Hanya saja, untuk menambahkan lagu ke dalam playlist dari file explorer itu sangat susah, bahkan sampai sekarang saya tidak tahu cara menambahkan musik dari file explorer. biasanya saya membuat playlist di Groove dengan cara membuka aplikasinya, kemudian menelusuri menu di dalamnya satu persatu. Secara efisiensi sangatlah tidak nyaman, terlebih saya juga membutuhkan fitur Timer agar komputer dapat mati setelah waktu yang ditentukan, atau setelah lagu di playlist selesai diputar seluruhnya (Sangat membantu jikalau kita takut ketiduran saat memutar musik saking merdunya, aseeek).

Untuk itu saya sangat merekomendasikan menginstal aplikasi pemutar musik lain di komputer anda. Langsung saja, saya akan merekomendasikan AIMP3, karena fiturnya sangat engkap, mulai dari timer, playlist, bahkan temanya dapat diganti sesuai selera (Sekedar catatan, tema AIMP3 ini keren-keren dan dapat didownload di websitenya secara gratis).

6. Video Player

Dalam kategori ini saya sangat merekomendasikan anda untuk menginstal Video Player eksternal, karena menurut saya video payer di windows sangat minim fitur dan sangat tidak nyaman untuk digunakan. Bahkan terkadang gambar dari video yang seharusnya mulus terasa patah-patah dan pixelated.

Kebanyakan orang akan memilih pemutar video seperti GOM Media Player, MKV Player, dan lain-lain. Jujur saja fitur tersebut sangatlah lengkap dengan tampilan yang enak dipandang, update teratur dan pengoperasiannya juga sangat mudah. Secara luas, dapat saya katakan aplikasi tersebut sangatlah memuaskan.

Kalau anda menanyakan saya menggunakan aplikasi apa, akan saya jawab bahwa saya tidak menggunakan aplikasi di atas. Video Player yang saya gunakan sehari-hari adalah Media Player Classic Home Cinema. Loh kok? bukannya tampilannya sangat jadul dan nggak enak dipandang?
Hehe Sebenarnya semua itu tergantung selera dan kebutuhan kita ingin memutar video apa. kalau anda sering memutar film hollywood, drama korea, dan sejenisnya, maka saya tentu sangat merekomendasikan GOM atau MKV Player. Tapi saya menggunakan Media Player untuk memutar Video Anime alias kartun jepang (Kekanakan? nggak juga). Penggemar anime yang berpengetahuan baik akan setidaknya tahu kalau memutar video Anime di MPC akan terasa lebih smooth ketimbang di GOM yang terkadang ditemukan frame drop di beberapa adegan, khususnya di Opening yang penuh dengan efek subtitle (Gak semua sih, hehe). Jadi fix, pemutar video yang paling cocok untuk saya adalah MPC HC.

7. Cleaner

Pernahkah anda mengalami hardisk komputer terasa penuh lebih dari yang seharusnya? Mungkin anda perlu menggunakan aplikasi Cleaner. Fungsinya adalah untuk menghapus file chace maupun file yang tersimpan di recycle bin dan sebagainya yang seharusnya dapat dibersihkan agar hardisk terasa lebih lega. Sebenarnya kita bisa menghapusnya secara manual, akan tetapi jika aplikasi yang ingin dibersihkan cukup banyak, tentu cara ini tidaklah efektif.

Di kategori ini saya merekomendasika aplikasi Ccleaner yang biasa saya gunakan sehari-hari. Ringan, powerfull, mudah digunakan, serta User Interfece yang keran membuat saya memilih menggunakan apliaksi ini.

8. Uninstaller

Satu aplikasi yang tidak penting-penting amat, tapi bagi saya sangat bermanfaat yaitu, Uninstaller. Fungsinya adalah untuk menguninstall aplikasi yang sudah tidak kita gunakan. Ya, itu saja hehe. Namun tahukah anda kalau sebenarnya aplikasi yang kita uninstall tidak sepenuhnya terhapus dari komputer kalian? Masih ada file tersembunyi di System yang tersisa dan tentunya akan menghabiskan hardisk anda. Itulah kenapa saya rasa Uninstaller juga cukup penting.

Salah satu aplikasi Uninstaller yang sangat powerfull dan sering saya gunakan adalah IObit Uninstaller. Saya tidak akan membahas panjang lebat karena secara keseluruhan tampilan dan lain-lain sudah sangat baik. Ia juga mendukung multi uninstaller, yaitu menguninstall banyak aplikasi secara bersamaan, yang mana sangat menghemat waktu dan tenaga. Dan yang paling penting, file aplikasi tersebut dapat terhapus bersih tak tersisa. Bocoran saja, ini sangat efektif saat anda melakukan crack sebuah aplikasi dan gagal. Biasanya jika crack gagal maka aplikasi tersebut tidak dapat lagi digunakan di komputer tersebut kecuali diinstal ulang (pernah dapat kasus ini saat menginstal coreldraw dan salah masukin serial dari keygen, hehe). Dengan menghapus secara keseluruhan, maka anda dapat menginstal lagi dan mencoba melakukan crack ulang. dalam pengalaman saya, it's work.

9. dan Aplikasi Lain Sesuai Kebutuhan

Mulai dari sini, anda dapat menginstal aplikasi sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk desain grafis mungkin anda membutuhkan aplikasi sekelas Corel Draw, Adobe Photosop dan lain-lain. Untuk membuat komik, anda bisa mencoba aplikasi Mangareader. Untuk Video Editing Adobe After Efect, Sony Vegas, Adobe Premier mungkin bisa menjadi pilihan, dan seterusnya sesuai dengan backgroung/latar belakang anda masing-masing.

Sekedar catatan, aplikasi-aplikasi yang saya sebut di setiap akategori mungkin saja bukanlah yang terbaik dikelasnya, hanya saja aplikasi tersebut lah yang sering saya gunakan sehari-hari.

Demikan artikel mengenai "9 Aplikasi Wajib untuk Komputer Anda" Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel