Notepad, Aplikasi Sederhana dengan Fungsi yang Luar Biasa!

Notepad, Aplikasi Sederhana dengan Fungsi yang Luar Biasa

Notepad merupakan aplikasi bawaan sistim operasi windows yang sering diremehkan oleh sebagian besar orang, termasuk saya dahulu kala. Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan kerapa kali dijengkelkan oleh beberapa pekerjaan yang sering saya lakukan, maka rasa remeh tadi menjadi hilang sepenuhnya.
Lalu seberapa powerfull kah aplikasi ini hingga saya mengatakan demikian? Artikel ini akan memaparkan beberapa kelebihan Notepad yang sering saya lakukan pada kegiatan sehari-hari. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Penetral Efek Tulisan

Pernahkah kalian melakukan copy paste sebuah tulisan dari website ke Microsoft Word untuk menyusun tugas makalah kuliah (Please jangan ditiru ya, hehe), akan tetapi tulisan yang dihasilkan sangat tidak karuhan bentuknya? Ini adalah hal yang paling membuat saya frustasi, karena kalau kita mengeditnya di Microsoft Word maka kita harus mondar mandir kesana kemari, mencari tool-tool yang sangat ribet untuk membuat tulisan copy paste itu menjadi terlihat murni ketikan sendiri.
Disinilah peran dari Notepad sangatlah terasa bagi saya. Jika kita copy pastekan dulu tulisan dari web tersebut ke dalam Notepad, maka hasilnya segala efek tulisan baik ukuran maupun jenis font dapat ternetralisir. Setelah itu, cobalah copy pastekan tulisan dari Notepad tersebut ke dalam Word dan hasilnya, sama persis dengan ketikan kita sendiri, sangat membantu bukan? Inilah faktor utama yang membuat saya menjadi sangat suka dengan aplikasi satu ini.


2. Mempermudah Membuat Tulisan di Blog

Ada banyak alasan kenapa kebanyakan bloger tidak langsung menulis di blog, melainkan menuliskan naskah artikel mereka ke dalam Word atau Notepad terlebih dahulu. Bagi saya sendiri salah satu alasannya adalah karena efisiensi waktu dan kuota internet. Biasanya bloger menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menulis sebuah artikel yang berkualitas (beda cerita kalau tulisannya hasil copy paste web tetangga). Semakin lama proses pengetikan/penulisan, maka semakin lama pula kita harus terkoneksi ke internet. Alhasil kuota internet kita akan terbuang lebih banyak dibandingkan menuliskan naskah ke dalam Word terlebih dahulu.
Masalahnya adalah jika kita mengetik melalui Microsoft Word, terkadang format margin dari Word akan ikut ke copy ke dalam blog sehingga tulisannya menjadi tidak beraturan kembali. Inginnya menghemat waktu tapi malah menghadapi masalah yang ribet lagi kan gak lucu.
Untungnya dengan adanya Notepad hal-hal seperti ini tidak akan terjadi. Seperti yang dijelaskan pada poin nomor satu, bahwa Notepad adalah aplikasi murni teks yang bebas dari segala macam efek. Sehingga tulisan yang di ketik di dalam Notepad dapat diterapkan ke dalam media apapun tanpa harus khawatir akan mempengeruhi hasil di media tersebut.


3. Menjadi Kode Editor Sederhana

Pada awalnya saya sempat bingung bagaimana cara programmer membuat sebuah program komputer, apakah harus dengan aplikasi yang canggih nan rumit yang hanya bisa dipakai oleh orang-orang luar biasa? Setelah belajar sedikit ternyata program pada dasarnya adalah sebuah perintah kepada komputer, yang mana perintah tersebut terbentuk dari kumpulan tulisan/kode yang disusun secara sistematis dan terstruktur. Karena basis dasarnya adalah tulisan, maka semua aplikasi teks harusnya bisa digunakan untuk merancang atau membangun kode-kode tersebut. Salah satu aplikasi sederhana yang paling simpel digunakan programmer pemula untuk koding atau pemrograman adalah Notepad. Dengan aplikasi yang simpel ini, kita dapat dengan mudah menyusun kode program yang ingin kita buat tanpa takut terganggu dengan manu-menu aplikasi yang rumit dan tidak dibutuhkan.
Dulu saya sempat beberapa saat menggunakan Notepad untuk membuat website, seperti menyusun kode .HTML dan .CSS (Cuma sebatas itu, selebihnya belum belajar lagi). Dan terbukti, Notepad dengan Notepad pun website sederhana yang saya buat bisa terbentuk dan dapat ditampilkan dengan baik di browser. Tapi ya namanya aplikasi sederhana jangan berharap Notepad dapat membantu anda mengetik kode dengan mudah layaknya aplikasi code editor profesional, seperti menyediakan kamus bahasa pemrograman tertentu dan lain sebagainya.


4. Sebagai Buku Harian Pribadi

Tak ada salahnya jika kita menuliskan kejadian sehari-hari kita ke dalam sebuah buku harian. Tapi tidak semua orang masih mau menulis manual di atas kertas, akhirnya mereka menuliskannya melalui media komputer.
Satu fitur yang saya rasa cukup menarik dari aplikasi Notepad adalah adanya fitur Notepad diary digital, dimana fungsi utamanya adalah untuk memberi informasi waktu kapan tulisan tersebut anda buat secara otomatis tanpa perlu menuliskannya secara manual. Informasi yang ditampilkan di Notepad biasanya berupa satu baris tulisan tulisan yang mengindikasikan jam, tanggal, bulan dan tahun.
Untuk menggunakan fitur ini, anda dapat mengetikkan kata .LOG di dalam file Notepad sebelum tulisan yang ingin anda ketik. Hasilnya akan terlihat setelah anda menyimpan file tersebut. Selain itu, anda juga bisa menggunakan fitur ini dengan cara manual, tapi menurut saya lebih mudah dan efektif yaitu dengan menekan tombol F5 pada keyboard.

Selain 4 poin yang saya sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Notepad. Diantaranya adalah sebagai text replacer seperti yang bisa dilakukan di Ms. Word, sebagai jalan pintas ke Windows Explorer, Menjalankan launcher sederhana, hingga sebagai pemuat autorun pada Drive tambahan. Hanya saja hal tersebut tidak saya tuliskan panjang lebar karena fungsinya dapat dilakukan dengan aplikasi maupun shortcut lain dengan lebih cepat.

Demikian artikel mengenai "Notepad, Aplikasi Sederhana dengan Fungsi yang Luar Biasa". Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel