Tips Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Tips Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Sudah menjadi pengtahuan umum kalau gitar merupakan alat musik yang paling sering dimainkan di seluruh dunia. Selain bentuknya yang unik, suara yang dihasilkan oleh gitar terdengar sangat khas dan indah. Itulah mengapa, banyak orang dari seluruh kalangan tertarik untuk mempelajari bagimana cara bermain gitar.
Sadar atau tidak, ilmu bermain gitar ini nyatanya memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Contohnya saja saat kita sedang sedih, maka kita dapat bermain gitar supaya beban-beban kesedihan tersebut terlepas dari diri kita, begitu juga dengan suasana marah, baghagia dan seterusnya. Manfaat lainnya yang lebih powerfull adalah anda dapat menyatakan cinta ke orang yang anda sukai melalui sebuah lagu dan diiringi oleh alunan gitar, lumayan bukan? hehe. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita memiliki pengetahuan untuk dapat memainkan gitar.
Lalu bagaimana cara belajar gitar untuk seorang pemula yang benar-benar buta akan alat musik yang satu ini? Kali ini saya akan membagikan beberapa tips belajar bermain gitar untuk pemula, yang mana hal-hal yang akan saya sampaikan ini sesuai dengan pengalam saya pribadi. Langsung saja beberapa tips yang dapat saya bagikan adalah sebagai berikut:


1. Usahakan Mempunyai Gitar Sendiri

Saya katakan "Ya iya lah anda harus punya gitar, kalo gak punya trus mau main apa? Gitar Imajinasi?" hehe. Sebenarnya poin ini saya masukkah di awal dengan tujuan agar anda memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk terus belajar bermain gitar. Kalau anda sudah mengeluarkan uang untuk membeli sebuah gitar maka anda ada rasa sangat rugi jika gitar tersebut tidak anda mainkan.
Dulu sebelum saya punya gitar sendiri, saya hanya mengandalkan gitar teman untuk mempelajari dasar-dasar bermain gitar. Namun apa yang saya dapatkan sangat jauh dari yang dibayangkan. Selama berminggu-minggu saya hanya merasa skill berman saya hanya segitu-segitu saja tanpa ada peningkatan karena minimya motivasi dan waktu bermain gitar. Tapi beda lagi ceritanya jika anda mempunyai teman yang sangat baik dan memperbolehkan gitarnya anda bawa pulang untuk belajar gitar, sungguh bahagia sekali hidup anda.

2. Pelajari Kunci Dasar Terlebih Dahulu

Pada dasarnya nada gitar terbentuk dari rangkaian tekanan senar yang biasa disebut dengan kunci. Untuk menghasilkan nada yang berbeda dibutuhkan pola yang berbeda pula. Dengan mempelajari dan menghafal kunci dasar gitar, maka sudah bisa dikatakan 50% dasar bermain gitar sudah anda kuasai.
Sama seperti alat musik lain, kunci gitar juga terdiri dari 7 nada dasar mayor, mulai dari C, D, E, F, G, A dan B dan nada dasar minor Cm, Dm, Em, dan seterusnya. Sangat penting bagi pemula untuk menghafal kunci-kunci tersebut karena kunci inilah yang paling sering muncul saat mengiringi sebuah lagu, khususnya lagu Indonesia.
Untuk mempelajari kunci dasar tersebut, saya sudah membuatkan ilustrasi bagian mana saja yang harus dipencet untuk menghasilkan nada tertentu. Selengkapnya dapat anda lihat di bawah ini:


3. Terapkan Kunci yang Sudah Anda Pelajari ke dalam Sebuah Lagu

Hal yang sia-sia tentusaja jika kita mempelajari kunci gitar namun tidak bisa menerapkannya ke dalam sebuah lagu. Saran saya, carilah lagu yang hanya memuat kunci-kunci dasar gitar di dalamnyam, syukur-syukur kalau lagu itu juga merupakan lagu favorit anda.
Ada banyak sekali lagu Indonesia yang hanya memuat kunci dasar di dalamnya. Untuk saya pribadi dulu pertama kali bermain gitar dengan lagu Tinggal Kenangan yang dinyanyikan oleh Geby. Kunci lagu tersebut menurut saya adalah kunci dasar nan universal yang bahkan diterapkan oleh kebanyakan lagu di Indonesia. Selain lagu tersebut, anda juga bisa belajar gitar dari lagu-lagu Peterpan seperti Menunggumu, Menghapus Jejakmu dan Semua Tentang Kita.


4. Perbanyak Mendengar Musik dan Menonton Video

Jika dicermati lebih jauh, genjrengan (bahasa indonesianya apa ya?) gitar biasanya menyesuaikan dengan tempo dan ketukan-ketukan lagu yang diiringi. Genjrengan lagu bertempo lambat akan sangat berbeda dibandingkan dengan genjrengan lagu bertempo cepat, dan itu hanya bisa dipelajari dengan memperbanyak mendengarkan lagu yang ingin kita mainkan.
Selain itu, anda juga dapat mempelajari gitar dengan melihat seseorang ahli secara langsung maupun melalui video. Cara ini menurut saya lebih mudah dibandingkan harus mendengar dan mengamati lagu sendiri. Saya sendiri sering menggunakan cara ini untuk belajar fingerstyle yang cukup rumit seperti yang biasa dimainkan oleh Sungha Jung. Karena sangat buta dengan fingerstyle, maka saya mencari-cari video tutorial di youtube dan menemukan berbagai channel menarik, seperti Goliath Video Tutorial dan Alhamdulillahnya sekarang saya sudah sedikit lancar memainkan gitar dengan fingerstyle.

5. Latihan Secara Rutin

Yang terakhir adalah berlatih, berlatih dan berlatih. Sepayah atau selambat apapun seseorang dalam belajar gitar pasti suatu saat akan menjadi lancar jika dilakukan secara ikhlas dan terus-menerus. Begitu pula sebaliknya, jika ia berhenti di tengah jalan karena hanya bosan atau tidak bisa-bisa meski sudah berusaha, ya dia tidak akan pernah bisa selama-lamanya.
Latihan tidak harus dilakukan setiap jam maupun setiap hari, selama latihan tersebt rutin dilakukan, maka waktu bukan menjadi masalah. Kegiatan ini tidak hanya harus dilakukan oleh pemula, bahkan orang yang sudah profesionalpun harus melakukannya. Sepandai apapun seseorang jika ia tidak pernah mempelajarinya lagi maka ketajaman bakatnya akan tumpul. Itulah kenapa menurut saya Latihan Rutin merupakan faktor terpenting agar kita dapat lancar dalam bermain gitar.

Demikan artikel mengenai "Tips Belajar Bermain GItar untuk Pemula" sesuai dengan pengalaman pribadi saya. Perlu dicatat bahwa setiap orang memiliki berbagai cara masing-masing untuk mencapai tujuan. Apa yang mudah bagi saya belum tentu demikian bagi anda, oleh karena itu carilah metode yang sekiranya sesuai dengan diri anda masing-masing. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel