Cara Melindungi File RAR Dengan Password Menggunakan Aplikasi WinRAR

Cara Melindungi File RAR Dengan Password Menggunakan Aplikasi WinRAR

WinRAR merupakan salah satu aplikasi untuk mengarsipkan file terpopuler di dunia. Saking populernya aplikasi ini, bahkan saya bisa menemui aplikasi WinRAR hampir di seluruh komputer yang pernah saya pegang baik milik teman maupun guru sekalipun. Untuk menginstalnya pun tidak memerlukan komputer dengan sesifikasi khusus serta mendukung hampir seluruh versi Sistem Operasi Windows. Selain itu, ringannya aplikasi ini dan cara pengoperasiannya yang mudah juga sangat membantu pengguna awam sekalipun.

Banyak alasan mengapa seseorang menggunakan aplikasi arsip seperti WinRAR. Misalnya saja untuk mengamankan file dari virus, menyatukan file agar tidak terpencar-pencar, dan juga biasanya file yang diarsipkan akan memiliki ukuran file yang lebih kecil dibanding file aslinya. Jika kita mengamati lebih jauh, kebanyakan file yang kita unduh di internet baik itu aplikasi maupun game diarsipkan terlebih dahulu sebelum diunggah. Hal ini dikarenakan di dalam sebuah aplikasi tertentu terdapat banyak sekali file terpisah di dalamnya. Jika salah satu file terhapus atau tidak lengkap, maka kemungkinan aplikasi tersebut akan korup dan tidak dapat diinstal. Bisa dibayangkan bagaimana lelahnyanya kita jika harus mengunggah file sebuah aplikasi yang jumlahnya ribuan satu persatu.

Selain alasan-alasan diatas, jangan lupa bahwa WinRAR juga memiliki fitur keamanan, yaitu password. Hal ini sangat berguna jika file anda tidak ingin dibuka atau diketahui oleh orang lain. Terbukti, password yang di tanamkan dalam file yang anda arsipkan sangatlah ampuh dan sulit untuk dibobol. Saya pribadi pernah mencoba membobol file RAR yang dilengkapi dengan password menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan hasilnya nihil.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat membuat file RAR yang dilengkapi dengan password? Langkahnya sebenarnya cukup mudah, anda dapat mengikuti tutorial yang sudah saya persiapkan di bawah ini:

1. Tentukan file yang akan diarsipkan


Pada dasarnya semua jenis file dan berapapun itu ukurannya dapat diarsipkan. Efeknya mungkin hanya pada seberapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Dalam contoh kali ini saya akan mengarsipkan sebuah folder bernama "Rubicon" yang berisi beberapa lagu dan gambar di dalamnya.

2. Klik kanan => "Add to archive..."



Langkah selanjutnya adalah melakukan klik kanan pada file maupun folder yang ingin anda arsipkan, kemudian pilih "Add to archive...". Setelah itu anda akan menemukan sebuah menu kecil berisi informasi-informasi standar aplikasi WinRAR.

3. Klik "Set password..."



Jika anda ingin membuat file arsip dilengkapi dengan password, maka pilih tombol "Set password..." yang ada di sebelah kanan bawah menu. Agar anda tidak bingung, saran saya biarkan saja menu lain dalam keadan default.

4. Masukkan Password



Setelah melewati tahap tahap tersebut, anda akan disuguhkan sebuah pop up kecil berisikan password apa yang digunakan dalam file arsip tersebut. Untuk menghindari kesalahan dalam mengatur password, anda dapat mencentang kotak bertuliskan "Show password".
Selain itu terdapat pula kotak bertuliskan "Encrypt file names". Jika anda mencentang "Encrypt file names", maka itu artinya anda akan disuruh untuk memasukkan password terlebih dahulu sebelum dapat membuka arsip tersebu. Tetai jika anda tidak mencentangnya, maka arsip tersebut masih dapat dibuka terlebih dahulu, kemudian akan dimintai password setelah anda ingin mengekstrak file didalamnya. Lebih mudahnya anda dapat melihat ilustrasi di bawah ini:



5. Klik "OK"



Langkah terakhir adalah klik tombol "OK" di bagian bawah menu. Anda dapat menggubah nama arsip di bagian "Archive name" dan juga memilih format arsip apakah RAR, RAR5 ataukah ZIP di bawahnya. Setelah anda menekan tombol "OK" maka akan keluar pop up loading tanda pengarsipan sedang berjalan seperti ini :



6. Selesai



Anda dapat membuka hasil arsipan untuk menguji apakah file yang anda arsipkan benar-benar terlindungi oleh password atau tidak.

Bagaimana, Mudah bukan? Demikian artikel saya mengenai "Cara Melindungi File RAR Dengan Password Menggunakan Aplikasi WinRAR". Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel