Dari Mana Youtuber Mendapatkan Penghasilan?

Dari Mana Youtuber Mendapatkan Penghasilan?

Google memang selalu memberikan inovasi-inovasi yang luar biasa, khususnya di dunia Internet. Terlepas dari efek negatif dari penggunaan internet, anda pasti setuju kalau internet juga memberikan efek positif yang luar biasa di berbagai aspek dan bidang kehidupan. Tak jarang inovasi yang dikeluarkan oleh google juga secara tidak langsung memberikan peluang memperoleh pendapatan bagi seseorang.
Salah satu cara mendapatkan penghasilan di internet tidak lain adalah menjadi seorang youtuber. Banyak sekali youtuber yang sukses meraup keuntungan yang cukup melimpah hanya dengan bermain youtube, ya tentu saja hal ini harus sejalan dengan kualitas konten yang disajikan. Dengan peluang yang cukup menjanjikan itu bahkan membuat beberapa orang menjadikan youtube sebagai pekerjaan utama mereka, contohnya bang Mouldie dari channel youtube SobatHape yang menjadi channel favorit saya hingga saat ini.
Lalu sebenarnya darimana seorang youtuber mendapatkan penghasilan? Selengkapnya mari kita bahas satu persatu.

1. Google Adsense

Mungkin sebagian besar dari anda sudah tahu bahwa penghasilan utama para youtuber itu berasal dari Google Adsense. Google Adsense adalah layanan kemitraan yang dibuat oleh Google dengan cara menampilkan iklan yang sudah disiapkan Google ke dalam konten website maupun channel youtube kita, tentunya hal ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh youtube.
Faktor terpenting dalam bermain Adsense menurut saya adalah dengan membuat konten yang menarik dan sebisa mungkin tidak melanggar hak cipta orang lain. Jika anda melanggar ketentuan youtube, misalnya lagu yang ada di video anda terdeteksi mengandung pelanggaran hak cipta, maka siap-siap saja anda tidak akan memperoleh pendapatan dari konten anda tersebut (seringkali penghasilan yang didapat dari video yang anda buat dialihkan kepada pihak yang merasa dirugikan, sedangkan anda tidak akan mendapat apa-apa). Lebih buruknya lagi akun adsense anda akan dibanned oleh youtube, jadi bijaklah dalam menggunakan layanan ini.

2. Affiliate Marketing

Familiar dengan kata-kata "Kalau anda tertarik dengan headphone ini, link pembeliannya ada di deskripsi ya!" atau sejenisnya? Inilah yang disebut sebagai Affiliate Marketing. Sederhanya, sorang youtuber mempromosikan (tidak selalu terang-terangan, yang secara tidak lansung juga banyak) barang yang ada di dalam konten videonya, kemudian ia menaruh link pembeliannya dalam deskripsi video yang bersangkutan dengan harapan visitor/pengunjung membeli barang dari link tersebut. Biasanya link itu berafiliasi ke sebuah website merchant. Saat visitor / pengunjung itu melakukan pembelian atau bertransaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan Anda akan diberi komisi oleh merchant tersebut.

3. Endorse

Saat ini endorse memang sudah menjadi bahasa yang umum karena sering diperbincangkan di media sosial. Cara kerja dari endorse adalah sebuah brand/perusahaan meminta kepada seseorang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat (semisal youtuber yang kita bahas kali ini) untuk mempromosikan produknya, dengan imbalan perusahan akan memberikan produk tersebut secara gratis. Tak jarang pihak yang menerima endorse juga mendapatkan royalti lain diluar barang yang mereka dapat, misalnya uang, hadiah, bingkisan dan lain sebagainya.
Dalam penerapannya seringkali saya menjumpai youtuber mempromosikan produk tersebut seperti memamakai produk atau menggunggah foto dengan menggunakan produk tersebut pada media sosial. Karena hal ini sudah menyangkut bisnis, maka biasanya perusahaan akan memilah dan memilih mana channel yang memiliki subscribe, like, views terbanyak di suatu niche (bidang konten, semisal belajar bahasa jepang, belajar merakit komputer, belajar menjadi youtuber dll) tertentu yang dianggap lebih potensial dalam mempromosikan produk mereka.

4. Menjual Aksesoris Channel Pribadi

Pernahkan anda menjumpai sebuah channel youtube menjual produk mereka sendiri, misalnya kaos, aksesoris dan lain sebagainya? Ya, hal seperti itu juga menjadi salah satu sumber pendapatan para youtuber. Channel youtube yang bisa dibilang cukup besar biasanya memiliki fans yang setia menonton dan mensupport channel tersebut dengan berbagai cara. Selain barang yang ditawarkan memang menarik, mereka juga sadar kalau youtuber membutuhkan penghasilan agar dapat terus berkarya. Oleh karena itu mereka sering memberikan dukungan materiil dengan cara membeli barang-barang yang dijual oleh channel yang ia kagumi, agar channel tersebut dapat terus menghasilkan konten yang berkualitas kedepannya.

5. Hal-hal Lain di Luar Youtube

Yang dimaksud dari hal-hal lain ini adalah pendapatan yang berasal dari reputasi anda di youtube. Jika anda sudah mempunyai reputasi yang cukup terkenal di youtube karena konten yang bagus, maka kemungkinan di dunia nyata andapun juga dipandang berkualitas oleh masyarakat umum. Alhasil anda mungkin akan mendapatkan tawaran menjadi semisalnya pembicara di seminar, MC, atau bahkan menjadi bintang iklan dari suatu brand tertentu. Lumayan bukan?

Demikian artikel mengenai "Dari Mana Youtuber Mendapatkan Penghasilan". Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel