Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Nanas atau Ananas Comosus merupakan tanaman yang hidup di area tropis dan mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah ini berasal dari penduduk pribumi Paraguay di Amerika selatan dan dibawa ke spanyol pada tahung 1493 saat Colombus menemukan Benua Amerika, kemudian disebarluaskan ke seluruh dunia pada sekitar abad 15M-16M oleh pelaut Eropa sebagai penangkal penyakit scurvy, yang mana disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Buah yang satu ini memiliki berbentuk sangat khas, yaitu berwarna kuning dengan benjolan lancip di setiap sudutnya. Saking uniknya bentuk buah ini, sampai-sampai ia diadaptasi sebagai rumah dalam serial kartun Spongebob Squarepant. Selain bentuknya yang khas, ternyata nanas juga memiliki segudang khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti menjaga kekebalan tubuh, mencegah kanker, menghilangkan peradangan tulang dan sendi, dan masih banyak lagi.
Lebih jelasnya, simak uraian lengkapnya di bawah ini:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Entah mengapa dari waktu ke waktu perkembangan penyakit sangatlah signifikan. Jika daya tahan tubuh lemah, maka akan sangat mudah bagi virus maupun bakteri menyerang tubuh kita dan jatuh sakit. Untuk mencegah hal ini, vitamin C menjadi krusial keberadaannya. Di dalam satu porsi buah nanas, terkandung lebih dari 130% kebutuhan tubuh manusia akan vitamin C setiap harinya. vitamin C ini merangsang aktivitas sel darah putih sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, vitamin C dalam buah nanas juga bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

2. Mencegah Katarak

Vitamin C sangat penting untuk mencegah dan mengatasi segala macam penyakit pada mata. Salah satu penyakit mata yang sering terjadi adalah katarak, dimana mata akan tampak seperti berkabut dan tidak dapat melihat secara jelas. Untungnya nanas memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat meringankan penyakit ini.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang adalah penopang tubuh manusia. Tulang yang bermasalah akan mempengaruhi segala aktifitas yang kita lakukan, maka dari itu sangat penting perannya menjaga kesehatan tulang sejak dini. Nanas memilik kandungan mangan yang cukup tiggi, dimana mangan adalah salah satu mineral yang berperan dalam memperkuat dan memperbaiki tulang selain kalsium.

4. Membantu Meringankan Radang Sendi

Selain tulang utama, tubuh juga memiliki yang namanya tulang rawan yang terletak di sela-sela pertemuan antar tulang atau lebih kita kenal dengan sendi. Fungsi sendi adalah untuk membuat tulang yang semula pasif menjadi aktif dan dapat digerakkan dengan leluasa. Jika sendi mengalami kerusakan, maka efek sampingnya tubuh akan mengalami kekakuan, sulit bergerak, hingga peradangan di area sendi yang lama kelamaan akan mengakibatkan keterbatasan gerak.
Dalam dunia kedokteran, sudah tidak diragukan lagi khasiat buah nanas dalam mengurangi peradangan sendi karena ia memiliki enzim proteolitik yang disebut dengan bromelain. Bromelain berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks dan juga memiliki efek anti inflamasi untuk meringankan gejala radang sendi.

5. Membantu Mengatur dan Menjaga Sirkulasi Darah

Darah merupakan komponen penting kehidupan dan mengalir di seluruh tubuh manusia. Jika aliran darah terganggu, maka fungis tubuh lain juga akan ikut terganggu. Disinilah nanas dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan  dalam aliran darah kita.
Buah nanas memiliki mineral yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia, yaitu potassium (kalium) dan tembaga. Potassium adalah mineral yang berfungsi sebagai vasodilator yang dapat meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh kita. Jika tubuh kita rileks, maka tekanan darah akan berkurang sehingga aliran darah menjadi lancar. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya penyakit stroke, serangan jantung dan lain sebagainya.
Sedangkan Mineral tembaga di dalam buah nanas berperan sebagai salah-satu unsur terpenting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah yang tinggi juga berarti bahwa ada lebih banyak oksigen dalam darah yang akan tersampaikan ke seluruh tubuh sehingga berfungsi lebih optimal.

6. Menyehatkan Organ Pencernaan

Layaknya buah-buahan umumnya, buah nanas juga kaya akan serat di dalamnya. Kelebihannya dibanding dengan buah lain adalah nanas memiliki kandungan serat larut dan serat tak larut. Keberadaan serat ini dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, diare, iritasi usus besar, aterosklerosis hingga pembekuan darah. Bahkan dikatakan bahwa nanas mampu mengurangi penumpukan racun yang ada di dalam hati dan ginjal.

7. Mengobati Batuk dan Pilek

Dua penyakit ini sangatlah melekat di masyarakat, bahkan bisa dibilang setiap tahunnya pasti ada orang yang mengalami penyakit ini. Kandungan bromelain di dalam buah nanas dipercaya mampu mengobati penyakit batuk dan pilek yang anda derita dengan cara mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk di rongga sinus dan saluran pernafasan.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan dari vitamin C diketahui dapat melawan penyakit kanker. Selain itu, masih banyak antioksidan lain yang ada di dalam buah nanas, diantaranya Vitamin A, beta karoten, bromelain dan mangan yang cukup tinggi. Dalam sejumlah penelitian diketahui bahwa nanas memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan mencegah penyakit kangker payudara, mulut dan tenggorokan.

9. Sebagai Sumber Energi

Buah nanas memiliki vitamin B1 di dalamnya, yang mana vitamin ini bermanfaat untuk mengubah gula menjadi energi. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mengonsumsi buah nanas setiap hari.

10. Mencegah Penyakit Asma

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan beta karoten dalam buah nanas sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terserang penyakit asma. Walaupun penelitian tersebut masih dalam tahap-tahap awal, namun kemungkinan kebenarannya cukup meyakinkan.

11. Sebagai Ramuan Alami Perwatan Kulit dan Wajah

Selain manfaat-manfaat di atas, beberapa manfaat lain dari buah nanas adalah sebagai bahan perawatan kulit dan wajah. Beberapa bagian kecil dari manfaatnya adalah menghilangkan jerawat, mencerahkan kulit wajah, merawatan kulit agar tampak lebih muda, mengatasi bibir pecah-pecah hingga kulit kaki yang pecah-pecah dan masih banyak masalah kulit lainnya dapat teratasi dengan buah nanas.

Bagaimana? Cukup meyakinkan bukan khasiat dari buah yang satu ini? Disamping khasiatnya yang cukup banyak, harga dari buah nanas juga tidaklah terlalu mahal. Di daerah saya, satu ikat buah nanas berisi 3-4 buah dihargai 10 ribu rupiah. Mungkin memang saat ini panen nanas sedang melimpah ruah sehingga harganya menjadi semurah itu. Jadi tunggu apa lagi? buruan beli buah nanas untuk menjaga kesehatan tubuh kita!

Demikian artikel mengenai "Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan". Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel