5 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Blogger Pemula

5 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Blogger Pemula


Menulis adalah kegitan menyampaikan gagasan atau pikiran menjadi suatu tulisan yang dapat dipahami oleh orang lain melalui perantara media, bisa berupa pensil, keyboar komputer, bahkan coretan pasir dari ranting pohon pun bisa dikatakan menulis selama maksudnya dapat tersampaikan. Kelebihan bagi seseorang yang sering menulis adalah ingatan akan suatu materi tertentu lebih kokoh tertanam dalam otaknya sehingga tidak mudah lupa.

Orang-orang yang menulis di blog saya namakan dengan blogger, meski terdengar sama dengan layanan Blogger.com dari google. Alasan mereka menulis di dunia maya beranekaragam, bisa karena hobi, memperdalam skil menulis, atau bahkan untuk mencari penghasilan di dalamnya.

Namun demikian, tidak banyak blogger yang dapat bertahan lama dengan berbagai kendala yang membuat mereka malas untuk mengupdate artikel di blog, khususnya blogger pemula. Dalam artikel kali ini saya akan memaparkan beberapa hal yang harus dihindari oleh blogger pemula:

1. Memilih Niche yang tidak sesuai dengan kemampuannya


Niche atau mungkin lebih mudah dipahami dengan bidang materi di blog merupakan sesuatu yang penting. Harapannya, dengan adanya fokus materi yang ingin disampaikan pengunjung akan lebih mudah menemukan informasi terkait yang ia butuhkan. Kesalahan yang sering dialami oleh blogger pemula adalah mereka memilih niche yang tidak sesuai dengan latar belakang/background mereka, sehingga seiring berjalannya waktu mereka akan merasa tertekan akibat tidak menguasai materi yang akan ia tulis selanjutnya.

Jika memang anda masih ragu-ragu mau memilih sebuah niche tertentu, ada baiknya anda mencoba membuat blog gado-gado yang memuat berbagai informasi tanpa harus terikat dengan niche. Sebagai contoh, Altirai.com adalah salah satu blog gado-gado tersebut.

2. Terlalu Mengandalkan Visitor dari Media Sosial


Sebuah blog tidak akan menjadi besar tanpa adanya visitor yang mengiringi. Banyak cara yang dapat di lakukan untuk mengundang visitor ke blog kita, salah satunya dan yang paling mudah & murah adalah dengan menyebarluaskannya ke media sosial seperti Facebook. Disinilah terkadang kelengahan mulai timbul.

Membagikan artikel ke media sosial memang akan membawa banyak pengunjung ke blog kita, namun hal itu hanya bersifat sementara. Beberapa saat memang terlihat adal lonjakan visitor yang drastis, ratusan bahkan mungkin ribuan pengunjung, tapi setelah itu anda akan melihat trafik yang turun serendah-rendahnya. Tak sedikit blogger yang melakukan hal serupa berlang-ulang tanpa henti dan hasilnya visitornya segitu-gitu saja tanpa ada peningkatan dan cenderung melelahkan kemudian mulai malas menulis artikel.

Bagi blog, visitor yang baik itu berasal dari mesin pencari, google, bing dan sejenisnya. Efek dari litasan tersebut akan berkelanjutan dan kecil kemungkinan terjadi kasus seperti di atas. Bukan hal yang mudah memang, tapi kita sama-sama belajar agar hal itu dapat tercapai.

3. Membuat Blog Hanya untuk Mendapatkan Uang


Tidak salah memang jika kita mengharapkan penghasilan dari usaha yang telah kita kerjakan, namun akan saya katakan bahwa blog bukan tempat yang cocok untuk hal tersebut. Kenapa? Sebab dunia blogging penuh akan ketidakpastian. Blog yang sudah anda rawat bertahun-tahun mungkin suatu saat bisa dikalahkan dengan blog yang baru berdiri satu minggu yang lalu.

Perlu diingat bahwa orang-orang yang membuat blog tidak hanya satu atau dua, bisa jadi mencapai ratusan ribu orang bersaing bersama-sama untuk menduduki posisi puncak mesin pencari. Komuntas Blogger Indonesia yang ada di Facebook saja saat ini anggotanya sudah lebih dari 100 ribu orang. Jika masing-masing dari mereka mempunyai 1 blog saja, bisa dibayangkan berapa jumlahnya.

Dengan persaingan yang ketat tersebut, sangat tidak relefan kiranya kita hanya berorientasi pada pendapatan semata, kecuali jika anda memang memiliki skill menulis yang mumpuni, dibarengi dengan pengetahuan yang luas serta keseriusan dalam menjalankannya.

4. Tidak Bisa Mengatur Waktu


Banyak orang berfikiran bahwa menulis di blog itu adalah perkara mudah dan tidak perlu usaha lebih dalam menjalankannya, namun faktanya tidak demikian. Kita harus memikirkan materi apa yang akan dibuat, research materi dari berbagai sumber referensi serta merangkai kata-kata yang tepat dan mudah difahami oleh pembaca yang mana seluruh kegiatan tersebut bukanlah hal yang mudah. Bagi saya, sangat sulit mengatur waktu untuk menulis jika sudah berbenturan dengan tugas kuliah maupun kegiatan lain yang bersifat krusial dan tidak dapat ditinggalkan. Bahkan terkadang kegiatan tersebut akan mengkibatkan saya berhenti sejenak dari dunia blogging selama berminggu-minggu.

Menurut pendapat dari beberapa pemilik blog yang sudah cukup besar, paling tidak kita harus memposting minimal 3 kali dalam seminggu. Bahkan ada yang menyarankan kita memposting secara rutin 1 artikel dalam sehari. Terdengar berat memang, tapi anggap saja sebagai tantangan yang harus dilalui para penulis blog.

5. Artikel Blog Hasil Copy Paste


Mengesampingkan kerja keras penulis aslinya, bagi orang yang melakukan copy paste tentu sangat mudah dilakukan. Tidak perlu berpikir, tidak perlu menyunting, cukup menekan keyboard ctrl + C kemudian ctrl + v dan taraa, artikel sudah dapat diposting ke blog kita. Copy paste memang bukan suatu hal yang mutlak dilarang. Selama anda mencantumkan sumber referensinya, maka tidak akan menjadi masalah. Tapi beda cerita jika artikel anda adalah 100% hasil copy paste, terlebih jika anda tidak mencantumkan sumber referensi.

Pernah ada sebuah kasus dimana ada sebuah blog yang mencuri artikel orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Setelah itu pihak yang tidak terima karena artikelnya diplagiat tanpa izin mempostingnya di gruoup Blogger Facebook dan mendapat kecaman dari anggota di sana. Entah pemilik blog yang copas tahu atau tidak, yang jelas secara tidak langsung blog tersebut sudah dicap buruk oleh seluruh anggota di grup tersebut. Ibarat kata mencari kawan itu sulit, sedangkan mencari musuh itu sangat mudah.

Demikian artikel mengenai "5 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Blogger Pemula" yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Seperti biasa, jika informasi ini bermanfaat silahkan share artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Blogger Pemula "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel