Kelebihan dan Kekurangan Blogspot yang Harus Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot yang Harus Anda Ketahui

Saya yakin disini anda sudah banyak mengetahui apa itu blogspot. Ya, Blogspot atau sekarang dikenal dengan blogger merupakan sebuah layanan yang dikeluarkan oleh Google dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat umum membuat blog. Defaultnya blog yang menggunakan blogspot akan memiliki tulisan .blogspot di belakang, tapi masih bisa diakali dengan membeli domain berbayar di situs-situs yang sudah banyak beredar di dunia maya.

Sebenarnya masih banyak platform lain yang dapat digunakan untuk membuat blog/website, seperti wordpress, tumbrl, mywapblog, wix.com dan lain-lain yang tidak dapat saya sebtkan satu-persatu, namun yang paling mendominasi saat ini adalah blogger dan wordpress. Artikel kali ini akan membahas secara spesifik apa saja kelebihan dan kekurangan blogger untuk membuat blog, selengkapnya simak ulasan di bawah ini:

KELEBIHAN


1. Gratis


Kelebihan yang paling dibanggakan oleh pengguna blogger adalah gratis. Ya, siapa juga yang tidak tertarik kalau ada layanan gratis dengan fitur yang cukup (sekedar cukup ya) untuk kegiatan blogging sehari-hari. Cukup dengan akun Google, anda sudah mendapatkan Domain (alamat website) dan Hosting (Tempat menyimpan data-data website) secara cuma-cuma dan tanpa batasan waktu. Jarang saya temui (mungkin tidak pernah) sebuah blog dari blogger dihapus oleh Google meski tidak anda buka selama satu tahun penuh, kecuali anda melanggar hak cipta dan sejenisnya.

2. Didukung penuh oleh Google


Karena Blogger ini sejatinya milik Google, maka secara otomatis anda akan dapat terintegrasi penuh dengan layanan Google yang lainnya. Banyak sekali layanan dari Google yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja blog anda mulai dari Google Adsense untuk memasang iklan, Gmail, Google Webmaster dan Analythic yang mana kelebihan ini tidak terdapat pada wordpress. Jika anda mengoptimalkan semua layanan ini dengan baik sesuai dengan ketentuan Google, maka bukan hal yang mustahil jika anda akan menjadi Jutawan dalam waktu singkat.

3. Mudah Digunakan


Pada dasarnya Blogger diciptakan khusus untuk aktifitas blogging yang mudah dan murah. Alhasil, fitur-fitur di dalamnya didesain sangat simple agar orang awam pun dapat menggunakannya. Pembuatannya pun cukup mudah, anda hanya perlu satu buah akun Gmail yang masih aktif dan semua layanan Blogger dapat langsung anda dapatkan. Lebih enaknya lagi, anda dapat memiliki lebih dari satu blog dalam satu buah akun Gmail, tapi saran saya mending fokus ke 1 blog dengan konten yang berkualitas daripada memiliki banyak blog namun malah tidak terurus dengan baik.

4. SEO friendly


Dalam keadaan default, blog anda akan memiliki tampilan yang sangat simpel dan ringan. Kedua poin tersebut merupakan beberapa syarat utama agar Google mengakui keberadaan blog anda sepenuhnya. Demikian juga jika anda ingin mendaftarkan blog ke Google Adsense. Jika blog anda sagat berat saya yakin Google  akan menolak pengajuan anda.

5. Banyaknya Pilihan Template Gratis Maupun Berbayar


Blogger memang sudah menyediakan beberapa pilihan template yang dapat anda pilih sesuai selera. Namun, harus saya akui bahwa template bawaan Google sangat jauh dari kesan mewah dan tidak dapat menojolkan karakteristik blog anda. Untungnya saat ini sudah banyak developer yang membuat template khusus untuk Blogger baik berbayar maupun yang gratisan. Terkadang template Premium yang berbayar pun ada juga yang membajaknya sehingga kita tidak harus membeli. Namun perlu diingat, sebaiknya anda memilih template yang ringan dan sesuai dengan konten yang ada dalam blog anda. Kenapa demikian? sebab tak jarang saya temui orang memilih template hanya berdasarkan penampilannya saja, padahal di balik itu semua banyak poin yang harus diperhatikan. Sedikit saran, sebaiknya anda memilih template yang ringan, SEO friendly dan yang yang paling penting responsive. Responsive disini berarti template anda dapat menyesuaikan diri sesuai dengan gadget yang digunakan oleh pembaca (misal: Handphone, Tablet, PC, Consle dll).


Setelah mengulas kelebihan Blogger yang cukup banyak, sekarang mari kita beralih ke kekurangannya yang tak kalah banyak juga.

KEKURANGAN


1. Kustomisasi Template Sangat Terbatas


Tidak seperti wordpress yang dapat dikustomisasi sesuai selera pengguna, Blogger memiliki kustomisasi yang sangat minim dan tidak bisa diperluas. Tampilan terdiri dari Header, Body, dan Footer merupakan ciri khas dari Blogger. Membuat website berbasis data sangat tidak dimungkinkan jika kita menggunakan ini. Jikalaupun kita bisa membuat kustomisasi, paling-paling hanya sebatas mengganti tampilan agar terlihat lebih baik saja, sisanya tetaplah sama.


2. Bagi Pemula, Template Cukup Sulit Dimodifikasi

Jika anda memakai tema yang bukan dari Blogger, di awal tampilan maupun urutannya pasti tidak sesuai di beberapa bagian. Semisal label yang masih berantakan, munculnya iklan dari website lain dan sebagainya. Jika sudah begini, pengguna Blogger tidak ada cara lain selain mengutak-atik kode HTML yang ada di dalamnya. Bagi orang yang benar-benar buta dengan bahasa pemrograman (meski HTML sebenarnya bukan bahasa pemrograman), hal ini sangat membingungkan. Solusinya anda harus mencari tutorial mengatasi masalah tersebut, dan tentunya akan menguras banyak waktu.

3. Menulis Artikel Kurang Leluasa

Meski secara pribadi saya tidak terlalu mempermasalahkannya, tapi bagi sebagian orang pengaturan di dashboard Blogger sangat minim fitur. Pilihan font yang sangat terbatas sudah cukup untuk menggmbarkan betapa minimnya fitur Blogger. Hal ini akan semakin parah jika anda menggunakan template berjenis AMP yang mana template ini dioptimalkan untuk perangkat seluler dan wilayah dengan kualitas jaringan yang buruk. Meski sebenarnya fitur AMP sangat dibutuhkan, namun  template ini masih sangat sulit diaplikasikan dalam Blogger. Misalnya saja jika ingin memasukkan gambar dalam artikel, anda harus memasukkan kode-kode HTML yang rumit juga di dalamnya. Begitu juga dengan Video, memberi efek tulisan dan lain-lain harus melalui cara yang sama.


4. Wajib Patuh Pada Peraturan Google


Sudah selayaknya memang kita harus mengikuti aturan-aturan yang dibuat oleh penyedia layanan, dalam hal ini adalah Google. Dalam ketentuannya, kita tidak boleh memasukkan sesuatu yang berbau pornografi, plagiat, serta melanggar hak cipta (Copyright) dari pihak tertentu. Jika hal ini terjadi, anda akan diberi peringatan untuk menghapus konten yang mengandung unsur tersebut secara keseluruhan. Namun jika peringatan ini anda abaikan, siap-siap saja jika blog anda di hapus permanen oleh Google.

Itu tadi sekilah mengenai "Kelebihan dan Kekurangan Blogger yang Harus Anda Ketahui". Sebenarnya semua tergantung dari cara kita memanfaatkan segala sesuatu. Jika kita memanfaatkannya dengan baik, saya kira kekurangan-kekurangan yang telah sedikit saya singgung tidak menjadi masalah besar bagi kita. Lagian ya, udah diberi gratis masa masih mau komplain?

Jangan lupa share artikel ini jika anda merasa informasinya bermanfaat. Akhir kata, Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel