8 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

8 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui


Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini? Baik dari segi warna, aroma, hingga rasanya memiliki karakteristik yang khas dan melekat di hati masyarakat. Ya, namanya adalah kopi. Minuman ini berasal dari biji buah kopi yang dikeringkan, disangrai dan dihaluskan sehingga menjadi bubuk kopi yang kita ketahui.

Seperti yang kita ketahui, Kopi mengandung beberapa nutrisi berikut:

-Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
-Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
-Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
-Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

Biasanya, orang-orang meminum kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk. Memang benar, kandungan kafein di dalam kopi sangat ampuh untuk mengatasi kantuk, namun sejatinya masih banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh dari minuman yang satu ini. Apa sajakah itu? Mari kita bahas satu-persatu!

1. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker


Dalam sebuah penelitian yang dilaksanakan di jepang yang melibatkan sejumlah wanita dengan kebiasaan meminum kopi 2 kali setiap hari disimpulkan bahwa kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker hingga 25%. Persentase yang cukup tinggi mengingat kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

2. Menghilangkan Stress


Tak diragukan lagi kopi adalah sarana penghilang stress yang terbilang cukup ampuh dan pastinya halal untuk dikonsumsi (tidak seperti minuman keras, narkotika, dll). Pendapat ini juga diperkuat dengan adanya sebuah laporan peneliitan dalam jurnal "Archives of Internal Medicine" yang dikeluarkan pada tahun 2011 silam. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa perempuan yang mengkonsumsi kopi secara wajar (2 sampai 3 cangkir sehari) memiliki resiko terkena depresi lebih rendah sekitar 15% dibanding yang tidak mengkonsumsi kopi.

3. Meningkatkan Stamina Tubuh


Kandungan kafein yang cukup tinggi di dalam kopi dapat memperlambat Adenosin dalam tubuh yang bertugas untuk menimbulkan rasa ingin tidur terhadap otak kita. Dengan memperlambat pergerakan Adenosin tersebut, alhasil tubuh akan terasa segar lebih lama.

4. Terhindar dari Penyakit Diabetes mellitus


Siapa sangka, minum kopi secara teratur rupanya dapat mencegah penyakit diabetes. Di dalam kopi terdapat sebuah zat bernama Asam Klorogenat. Asam ini berguna meningkatkan pembentukan insulin. Kopi juga dapat menghambat penyerapan gula dalam tubuh. Para ahli membuktikan bahwa kita dapat menurunkan risiko penyakit diabetes sebesar 50% hanya dengan mengkonsumsi kopi.

5. Menjaga Kesehatan Mulut


Salah satu kelebihan kopi adalah sifat anti bakteri yang terkandung di dalamnya. Sifat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan mulut, mencegah gigi berlubang, plak dan infeksi pada gusi. Namun perlu diingat bahwa berlebihan mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan warna gigi menjadi kekuning-kuningan.

6. Mencegah Penyakit Demensia dan Alzheimer


Demensia merupakan istilah yang sering digunakan untuk melukiskan gejala-gejala sekelompok penyakit yang mempengaruhi fungsi/kinerja otak. Salah satu penyakit spesifik dalam kelompok Demensia tersebut adalah Alzheimer. Penyakit Alzheimer disebabkan kerusakan atau kematian sel otak secara bertahap, karena itu biasanya penyakit ini dialami oleh orang lanjut usia (kurang lebih umur 60 tahun). Singkatnya, masyarakat biasa menyebut gejala-gejala seperti ini dengan istilah penyakit pikun dan belum dapat disembuhkan hingga saat ini. Untungnya, kopi dapat meningkatkan perlingdungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan fungsi syaraf dan meminimalisir terjadinya kepikunan.

7. Meminimalisir Risiko Penyakit Parkinson


Hampir serupa dengan Alzheimer, Parkinson juga sebuah penyakit yang berhubungan dengan syaraf. Bedanya, penyakit ini tidak berhubungan dengan ingatan/memori melainkan pergerakan tubuh manusia. Dalam "Journal of American Medical Association" pada tahun 2000 dikatakan bahwa mengkonsumsi kafein dalam kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit Parkinson. Selanjutnya, dalam sebuah penelitian yang dilaksnakan pada tahun 2010 kemarin juga menghasilkan kesimpulan bahwasanya minum 2 sampai 3 cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan peluang seorang terkena penyakit ini sebesar 25%.

8. Menurunkan Resiko Terkena Encok


Menyebalkan rasanya jika aktifitas sehari-hari terganggu akibat terkena penyakit Encok. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya anda meminum kopi secara teratur namun tidak berlebihan. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan kurang lebih 50 ribu pria menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit encok.

Nah demikian beberapa Manfaat Kopi Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui, cukup banyak bukan manfaatnya? Dengan takaran dan porsi yang tepat, anda dapat memperoleh berbagai manfaat kopi seperti pembahasan di atas. Jika Informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Sekian dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel