Apa itu DMCA? Pengertian dan Manfaat DMCA

Apa itu DMCA? Pengertian dan Manfaat DMCA
Ilustrasi di ambil dari www.lsu.edu

Belakangan ini entah kenapa saya sering menemui hal-hal yang berkaitan dengan DMCA, baik hal sederhana semisal adanya logo DMCA di sebuah blog hingga masalah teman saya yang mendapat email dari DMCA berisi peringatan webnya akan diblokir, serem juga yak!

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan DMCA ini? ingat DMCA ya, bukan DCMA. namanya memang hampir mirip jadi kedua hal tersebut saling tertukar.

Singkatnya, DMCA atau lebih lengkapnya Digital Millennium Copyrght Act merupakan sebuah perusahaan yang melindungi hak cipta suatu konten agar tidak terjadi pembajakan atau penduplikatan. Dari sisi sejarah DMCA sudah mulai disahkan sejak tahun 1998 silam, tepatnya pada tanggal 12 Oktober 1998.

Dengan adanya DMCA, pemilik konten asli dapat merasa lega karena haknya dapat terlindungi. Di sisi lain, bagi orang yang sering melakukan pelanggaran hak cipta akan cukup kewalahan, karena ia harus terus waspada agar website nya tetap aman.

Contoh yang paling umum terjadi adalah penangguhan hingga penghapusan secara permanen blog yang terlalu sering melakukan copy paste artikel orang lain mentah-mentah tanpa di edit terlebih dahulu, bahkan mereka biasanya juga tidak mencantumkan sumber konten tersebut. Lebih jauh lagi, pembajakan lagu, video, dan gambar juga termasuk dalam lindungan DMCA.

Selanjutnya saya akan memberi tips untuk anda bagaimana agar blog anda terhindar dari DMCA:

  • Usahakan membuat tulisan atau artikel original tulisan anda sendiri (REKONEMDASI)
  • Jika melakukan rewrite, biasakan untuk menyunting artikel sebelum dipublikasikan.
  • Jika tidak mampu, setidaknya cantumkan sumber referensi dari mana artikel tersebut anda dapatkan.
  • Pastikan website yang anda contoh tidak memiliki logo DMCA di dalamnya, meskipun yang tidak ada pun tidak menutup kemungkinan untuk terkena penangguhan.
  • Hindari memasukkan konten pembajakan di artikel anda, seperti memasukkan link download MP3 dan sebagainya.
  • Jika diperlukan, mungkin anda sebaiknya mempelajari lebih lanjut mengenai Ignore DMCA.

Untuk langkah terakhir biasanya digunakan oleh situs-situs yang menyediakan link download ilegal seperti film, musik dan sejenisnya. Saran saya cari amannya saja lah, jangan muluk-muluk. Selama anda patuh dan taat terhadap aturan yang berlaku, saya yakin anda akan selamat sampai tujuan.

Sekian artikel mengenai "Apa itu DMCA? Pengertian dan Manfaat DMCA". Jika informasi ini Bermanfaat, Silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel