Bacaan Doa Sujud Sahwi Lengkap dengan Gambar, Arab, Latin dan Terjemah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sujud Sahwi merupakan sujud yang dilakukan karena ragu atau lupa tidak mengerjakan salah-satu rukun shalat. Islam tidak mewajibkan seseorang yang lupa untuk mengulangi shalatnya dari awal, melainkan cukup dengan melakukan Sujud Sahwi 2 rakaat baik sebelum atau sesudah shalat.

Sujud Sahwi dilakukan ketika kita:
  1. Meninggalkan pekerjaan shalat yang termasuk kategori sunat ab'adl baik sebagian atau seluruh.
  2. Melakukan pekerjaan yang bisa membatalkan shalat (batal jika dilakukan secara sengaja) namun dalam keadaan lupa. Contoh kasus, memanjangkan atau berlama-lama pada waktu i'tidal merupakan contoh hal yang membatalkan shalat jika dilakukan secara sengaja, namun ternyata kita melakukannya tanpa sengaja/lupa. Nah, hal tersebut tidak membuat batal shalat karena lupanya, namun tetap disunatkan melakukan Sujud Sahwi sebelum salam.
  3. Memindahkan rukun qouli/ucapan pada bukan tempatnya, contohnya membaca surat al fatihah pada waktu duduk.
  4. Menambah rukun/pekerjaan shalat, contoh : jika seseorang sedang membaca tahiyat akhir pada shalat maghrib, kemudian timbul keraguan dalam hati bahwa dia merasa belum atau sudah melakukan ruku pada rakaat ke 3. Tanpa pikir panjang dia memantapkan hati bahwa dia belum melakukan ruku, kemudian dari posisi sedang membaca tasyahud langsung beralih ke posisi berdiri menuju takbir ruku sampai akhirnya melakukan tasyahud pada rakaat terakhir. Ketika membaca tasyahud, ternyata timbul lagi ingatan beliau dan merasa yakin bahwa sebetulnya ruku yang tadi diragukan belum dilaksanakan ternyata tidak ditinggalkan. Nah, jika ada kasus seperti ini, maka sebelum salam, lakukan Sujud Sahwi terlebih dahulu. Sujud Sahwi sebelum salam dilakukan setelah tahiyyat akhir sebelum salam. Jadi, setelah membaca tahiyyat akhir dilanjutkan sujud (Sujud Sahwi) seraya membaca takbir ketika turun sujud. 
  5. Jika terdapat kelebihan dalam shalat –seperti terdapat penambahan satu raka’aat-, maka hendaklah Sujud Sahwi dilakukan sesudah salam. Karena Sujud Sahwi ketika itu untuk menghinakan setan.
  6. Jika seseorang terlanjur salam, namun ternyata masih memiliki kekurangan raka’at, maka hendaklah ia menyempurnakan kekurangan raka’at tadi. Pada saat ini, Sujud Sahwinya adalah sesudah salam dengan tujuan untuk menghinakan setan.

Dalam praktiknya, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa Sujud Sahwi dilakukan sebelum atau sesudah salam. hal ini didasarkan pada hadist-hadist di bawah:
  • Hadist melakukan Sujud Sahwi sebelum salam
فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ

“Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan Sujud Sahwi ini sebelum salam.” (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)
  • Hadist melakukan Sujud Sahwi setelah salam
فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَسَلَّمَ ثُمَّ كَبَّرَ ثُمَّ سَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ فَرَفَعَ ثُمَّ كَبَّرَ وَسَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ وَرَفَعَ

“Lalu beliau shalat dua rakaat lagi (yang tertinggal), kemudia beliau salam. Sesudah itu beliau bertakbir, lalu bersujud. Kemudian bertakbir lagi, lalu beliau bangkit. Kemudian bertakbir kembali, lalu beliau sujud kedua kalinya. Sesudah itu bertakbir, lalu beliau bangkit.” (HR. Bukhari no. 1229 dan Muslim no. 573)
  • Sujud Sahwi sesudah salam ditutup lagi dengan salam sebagaimana hadist:
فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ

“Kemudian beliau pun shalat satu rakaat (menambah raka’at yang kurang tadi). Lalu beliau salam. Setelah itu beliau melakukan Sujud Sahwi dengan dua kali sujud. Kemudian beliau salam lagi.” (HR. Muslim no. 574)

Adapun Bacaan Doa Sujud Sahwi adalah sebagai berikut:

1. Versi Gambar

Bacaan Lafal Doa Sujud Sahwi Lengkap dengan Gambar, Arab, Latin dan Terjemah
Doa Sujud Sahwi

2. Versi Teks

  • Teks Arab
سُبْحَا نَ مَنْ لَايَنَا مُ وَلَايَسْهُوْ
  • Teks Latin
Subhaana mallaa yanaamu walaa yashuu
  • Terjemah (Artinya)
“Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa.”
Catatan : Demi keselamatan kita bersama, dimohon untuk mengoreksi lafal, arti dan hal-hal lain terkait artikel ini.
Demikian artikel mengenai Bacaan Doa Sujud Sahwi Lengkap dengan Gambar, Arab, Latin dan Terjemah pada kesempatan kali ini. Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel