Cara Mengatasi Peringatan Penghasilan Berisiko Karena ads.txt Tidak Berisi ID Penayang AdSense

Cara Mengatasi Peringatan Penghasilan Berisiko Karena ads.txt Tidak Berisi ID Penayang AdSense

Beberapa waktu lalu saya iseng mencoba mengutak-atik pengaturan di blogger saya. Dari beberapa pengaturan yang saya lakukan, salah satunya adalah mengaktifkan ads.txt custom di menu preferensi penelusuran. Karena saya tidak tahu apa itu ads.txt custom, akhirnya saya biarkan ads.txt custom aktif tapi tidak memasukkan kode apapun ke dalamnya.

Selang 2 hari kemudian, ketika mencoba membuka dashboard adsense saya dikejutkan dengan peringatan warna merah yang bertuliskan kurang lebih "Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense". Jujur saat itu saya cukup bingung karena baru pertama kali menemukan masalah seperti itu dan di grup blogger atau sejenisnya saya juga belum pernah menemukan hal seperti ini.

Setelah mempelajari peringatan adsense yang khas dengan bahasa kaku dan cukup sulit dimengerti, serta mencoba searching di beberapa blog lain bisa disimpulkan bahwa tampaknya saya harus memasukkan kode ads.txt ke dalam pengaturan blog saya. Hal ini mengingatkan saya tentang keisengan saya mengutak-atik pengaturan blogger kemaren. Entah pemberitahuan itu muncul karena mengaktifkan ads.txt tanpa memasukkan kode atau karena alasan lain, yang jelas jika menemukan masalah seperti ini solusinya adalah "Memasukkan kode ads.txt ke pengaturan Blogger". 

Berikut Cara Mengatasi Masalah Adsense Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense:

1. Siapkan Kode Ads.txt

Untuk mendapatkan kode ads.txt caranya cukup mudah, cukup menekan tombol Aksi di bagian bawah peringatan dan anda akan melihat cuplikan kode ads.txt lalu copy cuplikan kode tersebut.

Cara Mengatasi Peringatan Penghasilan Berisiko Karena ads.txt Tidak Berisi ID Penayang AdSense

Selain dengan cara di atas, anda juga bisa membuat sendiri file ads.txt di notepad atau sejenisnya dengan mengetikkan kode:
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Jangan lupa ganti kode "pub-0000000000000000" dengan ID penayangan adsense anda dan file ads.txt pun berhasil dibuat.

Oh ya, jika situs anda belum terverifikasi, aktifkan juga dengan menggeser konsol ke kanan hingga berwarna hijau seperti di bawah ini:

Cara Mengatasi Peringatan Penghasilan Berisiko Karena ads.txt Tidak Berisi ID Penayang AdSense

2. Masukkan Cuplikan Kode ke dalam Pengaturan Blogger

Untuk masuk ke pengaturan ads.txt, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Masuk ke dashboard Blogger
  • Pilih Setelan
  • Pilih Preferensi Penelusuran
  • Scrool ke bagian paling bawah, di sana terdapat kolom monetisasi ads.txt custom lalu pilih edit
  • Centang Ya pada pilihan aktifkan konten ads.txt custom? lalu pastekan kode cuplikan ads.txt tadi ke dalama kotak 
  • Pilih Simpan Perubahan
Selengkapnya, lihat gambar di bawah ini:

Cara Mengatasi Peringatan Penghasilan Berisiko Karena ads.txt Tidak Berisi ID Penayang AdSense

Untuk mengecek apakah ads.txt sudah masuk ke pengaturan atau belum, ketik domain.com/ads.txt ke mesin pencarian. ganti domain.com sesuai dengan domain milik anda sendiri.

Sampai di sini sebenarnya permasalahan peringatan ads.txt tadi sudah teratasi, sisanya tinggal menunggu maksimal 24 jam hingga pemberitahuan tersebut hilang dari dashboard adsense anda. Pengalaman saya pribadi setidaknya hampir 24 jam penuh hingga peringatan tersebut hilang dari dashboard saya, tapi ada juga yang hanya dalam kurun beberapa jam saja pemberitahuannya sudah hilang.

Oke cukup sekian artikel saya mengenai Cara Mengatasi Masalah Adsense Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense kali ini. Apabila informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, terimakasih.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel