Cara Mudah Bermain Gitar Fingerstyle (Petikan) Untuk Pemula

Cara Mudah Bermain Gitar Fingerstyle (Petikan) Untuk Pemula

Seperti yang kita ketahui, gitar merupakan alat musik terpopuler di dunia. Selain karena suaranya yang indah, cara memainkannya juga sangat bervariasi sehingga menghasilkan alunan musik yang bervariasi pula. Diantara sekian banyak variasi memainkan gitar, dalam hal ini gitar akustik ada yang diberi nama dengan fingerstyle (gaya jari) atau petikan.

Sebenarnya menggunakan istilah petikan rasanya kurang tepat untuk mengartikan teknik fingerstyle. Fingerstyle merupakan teknik bermain gitar yang mengandalkan kelenturan jari-jari pemainnya, sedangkan petikan yang kebanyakan orang awam pahami adalah teknik memetik senar satu-persatu dan biasanya tanpa menggunakan keseluruhan jari.

Untuk memainkan teknik fingerstyle biasanya seseorang menggunakan ujung jari, kuku, atau bisa juga menggunakan pick yang khusus untuk gaya jari. Apapun itu, yang jelas memainkan gitar dengan fingersyle terkesan cukup rumit dan sulit diaplikasikan, khususnya bagi para pemula.

Karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips cara bermain gitar menggunakan teknik fingerstyle untuk pemula.

1. Pahami Aturan Bermain Gitar Teknik Fingerstyle

Seperti yang sudah saya bahas di awal, fingerstyle menekankan pada kelenturan jari-jemari anda. Meski tidak mengikat, pada dasarnya tiap jari memiliki perannya masing-masing. Untuk saya sendiri, tugas tiap jari tangan dapat disederhanakan sebagai berikut:

  • Ibu Jari digunakan untuk memetik Bass, antara senar ke-4, 5 dan 6.
  • Jari Telunjuk digunakan untuk memetik melodi pada senar ke-3.
  • Jari Tengah digunakan untuk memetik melodi pada senar ke-2.
  • Jari Manis digunakan untuk memetik melodi pada senar ke-1.

Dalam praktiknya, ada pula orang yang menggunakan jari kelingking untuk memetik senar pertama. Namun, karena jari kelingking saya sangat pendek bila dibandingkan jari lain, maka saya memilih untuk tidak menggunakannya. intinya, Sesuaikan dengan kenyamanan diri anda masing-masing.

Setelah mengetahui perannya, wajib usahakan dalam tiap latihan untuk memetik tiap senar dengan jari yang sudah ditentukan. Beberapa orang juga menyarankan untuk mempelajari senam jari untuk meelatih kelenturan jari. Mungkin pada awalnya anda akan kesulitan untuk memetik senar pertama menggunakan jari manis dan seterusnya seperti yang saya alami, tapi percayalah, jika anda melakukannya terus-menerus akan menjadi sebuah kebiasaan dan kepuasan tersendiri saat menguasainya.

2. Carilah Video Pemain Gitar Fingerstyle.

Langkah pertama yang saya lakukan dulu adalah mencari referensi video fingerstyle di youtube. Saat ini sudah banyak sekali youtuber yang mengunggah konten-konten memainkan fingerstyle. Salah satu yang paling saya sukai adalah Sungha Jung, seorang youtuber sekaligus pemain fingerstyle asal korea. Saat melihatnya pertama kali mungkin anda akan merasa kesulitan mengikuti alur gerakan jarinya, tapi itu wajar-wajar saja khususnya bagi pemula.

3. Tentukan Lagu yang Ingin Anda Mainkan

Untuk memilih lagu bagi pemula saran saya cari lagu yang bertempo lambat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda mengikuti alur setiap gerak jari yang dimainkan. Jika cukup beruntung, anda bisa mencoba mencari tutorial cara memainkan lagu yang anda pilih dengan mengetikkan keyword "How to Play .... Guitar/ Cara Bermain .... Gitar" atau sejenisnya. Beberapa lagu yang saya sarankan untuk pemula diantaranya:

  • Some One Like You, Sungha Jung
  • A Thousand Years, Sungha Jung
  • Let it Go, Sungha Jung

Ketiga lagu tersebut dapat anda cari tutorialnya di channel youtube Golliath Guitar Tutorial dan saya rasa sudah cukup jelas dan mudah dipahami meski berbahasa inggris. Oh ya, jangan lupa untuk menyimpan video tersebut karena nantinya akan anda putar berulang-ulang.

4. Pelajari Kunci Bass Lagu Terlebih Dahulu.

Sejatinya bermain gitar fingerstyle tak jauh beda dengan bermain genjrengan seperti  biasanya. Intinya, semua itu terdiri dari kunci-kunci dasar yang biasa anda mainkan. Jika anda sudah menemukan tutorial cara bermainnya, anda bisa mengamati kunci apa saja yang ia gunakan dengan melihat senar bass yang ia petik. Misalnya jika pemain menekan senar ke-6 fret ke-3, maka bisa di tebak bahwa ia menggunakan kunci G dalam aransemennya. Setelah mengetahui bassnya, coba petik bass tersebut dan sesuaikan dengan tempo yang pemain gunakan. Biasanya tempo ketukan bass akan tetap sama hingga akhir, kadang memang ada sedikit variasi tapi masih bisa diikuti dengan mudah.

5. Carilah Melodi Nada Lagu

Mencari melodi sebenarnya cukup mudah, apalagi jika sudah terdapat video tutorialnya. Jika tidak ada tutorial, setelah mengetahui kunci gitar, melodi lagu juga akan terlihat berada di sekitaran senar kunci yang anda tekan. Melodi lagu ini adalah dasar sebuah lagu akan terbentuk. Jika bass masih samar-samar karena banyak lagu yang memiliki kunci yang sama, maka melodi lah yang bertugas membedakan antara satu lagu dengan lagu yang lainnya. Apabila sudah ketemu melodinya, coba mainkan bass sesuai ketukan dan melodi yang sudah anda temukan secara bersamaan. Jika sudah terbiasa saya yakin akan terbentuk keselarasan antara petikan bass dan melodi.

6. Tutupi Celah Nada yang Kosong dengan Variasi

Jika anda amati, sebenarnya 50% teknik bermain gitar fingerstyle terdiri dari bass dan melodi, sedangkan 50% sisanya hanyalah bumbu pelengkap. Namun bumbu pelengkap inilah yang menjadikan Fingerstyle sangat enjoy untuk dinikmati. Ambil contoh pada lagu Some One Like You yang bertempo lambat, jika anda cermati bass akan ditangani oleh ibu jari, sedangkan melodi cukup dimainkan dengan jari manis. Setelah anda mainkan sebenarnya sudah terbentuk lagu Some One Like You yang sederhana dan agak membosankan.

Lalu apa fungsi jari telunjuk dan jari tengah? Inilah yang saya sebut sebagai bumbu pelengkap. Ruang kosong pada bagian bass dan melodi tadi diselingi dengan petikan sampingan dari jari telunjuk dan jari tengah sehingga musik yang dihasilkan akan terdengar penuh dan nyaman didengar. Untuk mempelajari hal ini selain melalui video tutorial sebenarnya anda cukup hanya dengan sekedar asal-asalan memetik senar yang tidak dipetik oleh melodi dan bass, yah memang butuh kebiasaan dan banyak mencoba berbagai lagu untuk bisa melihat ruang-ruang kosong tersebut.

Dari keseluruhan artikel ini, yang paling penting adalah banyak-banyak belajar dan jangan menyerah saat menemukan gerakan yang sulit untuk dimainkan. Sepertinya cukup sekian saja artikel mengenai Cara Mudah Bermain Gitar Fingerstyle (Petikan) Untuk Pemula yang bisa saya bagikan. Apabila informasi ini bermanfaat, bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel