Ini Dia Tiga Tipe Tubuh Manusia - Echtomorph, Mesomorph, dan Endomorph

Ini Dia Tiga Tipe Tubuh Manusia - Echtomorph, Mesomorph, dan Endomorph


Pernahkah anda melihat orang atau teman dekat yang gemar makan banyak tapi tubuhnya kurus kering? atau orang yang makannya sedikit tapi tubuhnya gemuk? atau orang yang selalu mempunyai tubuh ideal meski pola makan tidak teratur? Hal yang demikian ini kemungkinan besar disebabkan oleh faktor genetik dari manusia tersebut.

Menurut para ahli, tipe tubuh manusia secara garis besar digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu Echtomorph, Mesomorph, dan Endomorph. Meski begitu sebenarnya tiap individu cenderung memiliki 2 tipe tubuh, namun salah satu tipe di dalam tubuh mereka lebih menonjol dibanding tipe tubuh yang lain sehingga tipe tubuh yang nampak secara fisik hanya satu type saja.

Lalu sebenarnya apa itu tipe tubuh Echtomorph, Mesomorph dan Endomorph?

1. Tipe Tubuh Echtomorph

Echtomorp merupakan tipe tubuh yang memiliki metabolisme tubuh yang sangat tinggi, terutama dalam proses pembakaran lemak. Akibat proses metabolisme yang terlalu cepat, lemak yang ada di dalam tubuh tidak akan tersimpan lama dan akan segera terkuras sehingga tubuh tampak kurus kering. Orang yang memiliki tubuh Echtomorph cukup mudah dikenali. Biasanya, manusia bertubuh ini memiliki tubuh yang kurus, lebar bahu dan pinggang yang ramping, serta tidak gemuk-gemuk meski nafsu makannya tinggi.

Manusia bertipe tubuh Echtomorph sangat sulit untuk menaikkan berat badan. Makan banyak pun alih-alih bukannya mendapat postur tubuh ideal malah perut anda saja yang buncit seperti orang kekurangan gizi. Namun dengan kerja keras bukan tidak mungkin seseorang bertipe tubuh ini mempunyai postur tubuh yang ideal. Untuk meningkatkan berat badan, orang bertipe tubuh Echtomorph dapat mengakalinya dengan meningkatkan massa/berat otot di tubuhnya. Massa otot dapat ditingkatkan dengan melakukan olah raga angkat beban disertai dengan diet makan-makanan yang mengandung kalori dan protein yang tinggi. Olahraga dan diet harus dilakukan berdampingan, percuma saja jika makan banyak tapi tidak olahraga, dan begitu pula sebaliknya. Agar mendapat hasil maksimal sebaiknya anda pergi ke tempat fitness, sebab alat di sana cukup memadai untuk melakukan variasi gerakan angkat beban.

2. Tipe Tubuh Mesomorph

Tipe Mesomorph merupakan tipe tubuh idaman semua orang. Hal ini dikarenakan seseorang bertipe tubuh ini memiliki postur yang ideal meski tidak melakukan diet ketat dan juga olahraga. Manusia bertipe tubuh ini memiliki massa otot yang cukup tinggi, bahu yang lebar, keselarasan antara tinggi dan berat badan, serta tubuh yang selalu terlihat gagah. Tak heran, orang bertipe tubuh Mesomorph juga kerap disebut orang bertubuh atletis bawaan.

Pada dasarnya, tubuh Mesomorph memiliki keleluasaan dalam pola makan baik sedikit, sedang maupun berlebih. disamping itu, meski tanpa olahraga pun tubuh tipe ini sudah memiliki otot yang cukup untuk disebut ideal. Pemilik tubuh ini umumnya tidak memiliki masalah dengan berat badan maupun bentuk tubuh. Mereka dapat dengan mudah memilih apakah mendiamkan tubuh yang sudah ideal atau mengolah tubuh agar lebih atletis lagi.

3. Tipe Tubuh Endomorph

Kebalikan dari Echtomorph, Endomorph adalah tipe tubuh yang memiliki sistem metabolisme tubuh yang lamban sehingga lemak di dalam tubuh akan mengendap dan mengakibatkan bentuk tubuh yang gemuk jika pola makan tidak dikendalikan. Tipe tubuh Endomorph memiliki ciri badan yang membulat, perut yang lebih besar dibandingkan bahu, tetap gemuk meski makannya tidak terlalu banyak dan sulit untuk menurunkan berat badan.

Jika anda memiliki tipe tubuh ini, sebaiknya anda mengatur diet makanan yang tidak mengandung kalori yang tinggi. Kalori merupakan sumber energi bagi tubuh manusia, tapi kalori berlebih pada seseorang bertipe tubuh Endomorph dapat menyebabkan penumpukan energi dalam tubuh yang sering kita sebut dengan lemak. Selain itu, seseorang bertipe tubuh ini lebih disarankan untuk melakukan olahraga kardio seperti berlari, berenang, bersepeda dan olahraga kardio lainnya untuk membakar lemak.

Dari tiga tipe tubuh tersebut, anda termasuk yang mana? Meski tipe tubuh merupakan faktor genetik, khususnya anda yang bertipe tubuh Echtomorph dan Endomorph, tapi alangkah baiknya kita tidak berkecil hati. Banyak dari mereka yang bertipe Echtomorph memiliki tubuh ideal , begitu juga dengan yang memiliki tubuh Endomorph. Semua tergantung kemauan serta cara yang sesuai dengan tubuh masing-masing. Bahkan tidak menutup kemungkinan, apa yang dikatakan genetik bentuk tubuh tadi dapat berubah pada garis keturunan anda kelak, entah beberapa generasi selanjutnya, dan entah membutuhkan waktu 100 atau 1000 tahun yang akan datang.

Sekian artikel mengenai Ini Dia Tiga Tipe Tubuh Manusia - Echtomorph, Mesomorph, dan Endomorph. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel