Cara Download Subtittle di Video Youtube dengan Mudah

Altirai.com - Bagi kalian yang sering streaming video di youtube pasti pernah menjumpai yang namanya subtittle. Subtittle adalah teks melayang yang ada pada sebuah video. Umumnya disertakan dalam sebuah film yang menggunakan bahasa asing untuk menerjemahkan dialog film tersebut.

Saat ini, subtittle tak hanya digunakan dalam translasi film tetapi juga sarana tambahan untuk memperjelas suatu video, atau menampilkan lirik sebuah lagu tertentu.

Sedikit cerita, saya adalah tipe orang yang suka mendownload video youtube terlebih dahulu sebelum menontonnya. Mengapa? karena sepengalaman saya, dengan resolusi yang sama, menonton video langsung dari youtube itu lebih menguras kuota data ketimbang mendownloadnya. ditambah, iklan yang terkadang mengganggu di tengah-tengah video membuat saya sangat tidak nyaman. Untuk cara download video dari youtube bisa melalui IDM atau website seperti y2mate.

Tetapi, masalahnya saat mendownload video dari youtube pasti subtittlenya tidak ikut terdownload, kecuali kalau Hardsub (subtittle sudah jadi satu sama video alias enggak bisa dipisah). Bayangin, nonton drama china gak pakek subtittle itu... wkwkk ah sudahlah. Maka dari itu, kali ini saya akan memberi tutorial bagaimana cara mendownload subtittle dari youtube dengan mudah.

1. Copy Link Video Youtube

Cara Download Subtittle Youtube 1

Di sini saya ambil contoh drama china yang akhir-akhir ini cukup populer, yaitu a Little Thing Called First Love.

2. Kunjungi situs Downsub.com

Downsub.com adalah salah satu situs download subtittle youtube yang beredar di internet. Sebenarnya ada banyak situs sejenis lainnya, namun saya lebih suka memakai downsub.com karena user interfacenya rapi dan mudah digunakan.

3. Paste Link Video Youtube

Cara Download Subtittle Youtube 2

Pastekan link video yang kalian copy tadi ke Kolom yang tersedia, lalu tekan download.

4. Pilih Ekstensi File

Cara Download Subtittle Youtube 3

Setelah muncul list seperti pada gambar di bawah, kalian akan melihat subtittle dengan berbagai bahasa. Biasanya, bahasa subtittle aslinya akan muncul di bagian paling atas terpisah dengan yang lain. Selebihnya cuma hasil MTL alias google translate.

PENTING: Terdapat 2 jenis ekstensi yang bisa dipilih. Saran saya pilih yang file SRT, karena di situs Downsub.com hanya file berjenis SRT yang bisa digunakan sebagai subtittle, sedangkan TXT berisi teks-teks dialog namun tidak dapat dijadikan subtittle. Kenapa? Karena dalam subtittle itu terdapat rentang durasi, dari detik sekian sampai sekian sebuah kalimat akan tampil. Dan file TXT di situs ini gak ada durasinya jadi gak kebaca di video player, padahal kalau ada bisa aja dipakai subtittle. Berikut perbedaan keduanya:
Perbedaan File TXT dan SRT

Setelah berhasil terdownload, maka selamat kalian sudah bisa menikmati video youtube beserta subtittlenya secara offline.

Oke demikian tutorial cara download subtittle di youtube dengan mudah, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman ya! Thanks.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Download Subtittle di Video Youtube dengan Mudah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel