4 Alasan Kenapa Saya Memilih Redmi 8a

Bulan September lalu, Redmi yang merupakan sub brand Xiaomi merilis smartphone termurah mereka yaitu Redmi 8a. Smartphone ini diluncurkan untuk mengisi pasar HP entry level dengan bandrol harga hanya Rp. 1.399.000,-. Dengan harga semurah itu apa yang bisa kita dapatkan?

Alasan Memilih Redmi 8a

Dengan label Smartphone murah tentu ada beberapa fitur yang dipangkas untuk menekan harga jual. Sebagai contoh dibanding kakaknya Redmi 8, Redmi 8a hanya memiliki kamera tunggal 12 megapixel, ketidak hadiran sensor sidik jari dan infrared blaster, varian RAM yang hanya 2GB, dan tentu saja desain yang tidak semewah Redmi 8.

Namun hal itu wajar saja mengingat bandrol harga Redmi 8 lebih mahal tiga ratus hingga empat ratus ribuan, yang tidak semua orang menganggap uang segitu itu murah. Justru, menurut saya Redmi 8a lebih layak dibeli ketimbang Redmi 8 yang punya prosesor serupa yaitu Snapdragon 439, atau smartphone sekelas dari brand lain.

Kelebihan Redmi 8a

1. Build Quality yang Solid

Build Quality Redmi 8a

Percaya atau tidak, body Redmi 8a ini sangat solid dan terasa kokoh saat digenggam. Layar depannya juga sudah dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass 5 yang diklaim jauh lebih tahan banting ketimbang Gorilla Glass 3. Tak lupa Redmi juga menyematkan teknologi anti percikan air yang secara teori Smartphone ini tidak akan rusak meski anda pakai hujan-hujanan.

Banyak Youtuber baik dalam maupun luar negeri telah menguji ketahanan layar dan juga bodynya, mulai dari ditekuk pakai tangan, dipukul palu, hingga direndam ke dalam air. Dan memang hasilnya sangat memuaskan. Intinya, meski Redmi 8a tergolong smartphone terjangkau tetapi dalam segi daya tahan Handphone ini tidak bisa dianggap remeh.

2. Desain Kece

Desain Redmi 8a

Seperti yang kalian ketahui, Redmi 8a menggunakan slogan "Hape Kece, Baterai Gede" dan saya setuju dengan ini. Meskipun bahannya terlihat plastik banget, tapi jujur menurut saya itu malah menjadi suatu kelebihan. Pasalnya body semacam ini tidak mudah meninggalkan sidik jari dan tentunya tidak mudah meniggalkan goresan layaknya Redmi 8 yang berfinishing glossy.

Namun alasan kenapa saya sangat suka dengan desain Redmi 8a adalah karena mengingatkan saya pada desain Nokia Lumia. Sebelum beralih ke android saya menggunakan nokia lumia sebagai daily driver dan serasa nostalgia aja. Soal desain memang subjektif banget, tapi... hey, kalian pasti setuju kalau desain Redmi 8a itu cakep abis.

3. Daya Tahan Baterai yang Badak Banget

Kapasitas Baterai Redmi 8a

Sebagai seorang blogger, yang tidak membutuhkan spesifikasi Smartphone tinggi namun bisa diajak marathon cari inspirasi sana-sini, tentu daya tahan baterai menjadi faktor krusial buat saya. Bahkan saya lebih memilih handphone yang spesifikasinya standar namun baterainya awet ketimbang spek gahar tapi sering colak-colok charger.

Daya Tahan Baterai Redmi 8a

Soal konektifitas Redmi 8a sudah memakai port USB Type C yang kekinian dan sudah support Quick Charge 18W, meski memang output adaptor bawaannya cuma 10 W aja. Dalam pemakaian ala saya, Baterai 5000 mAh ini dapat menghasilkan Screen On Time rata-rata di angka sebelas sampai dua belas jam, dengan kata lain baterai Redmi 8a mampu bertahan sekitar satu setengah hingga dua hari full tanpa ketemu colokan. Redmi 8a juga diklaim bisa tahan sampai 31 hari dalam kondisi siaga.

4. Suara Speaker Lantang

Sebelum membeli Redmi 8a saya sudah sering nontonin video review di youtube. Salah satu poin yang ditonjolkan dalam review tersebut adalah soal suara speakernya yang ternyata cukup lantang. Memang tidak sebulet Redmi Note 8 tapi menurut saya kualitas suara yang dihasilkan tergolong mantep. Apalagi kalau dengerin pake earphone dalam kondisi settingan Mi Sound Enhancer aktif, wih... saya suka-saya suka.

Suara Speaker Redmi 8a

Catatan: Kualitas earphone yang dipakai juga berpengaruh BTW.
Selebihnya apa lagi ya, rasanya 4 poin itu sih yang paling berkesan. Kalau soal RAM yang hanya 2GB saya sih nggak masalah ya. Untuk menunjang kebutuhan saya yang hanya buka sosmed, browser dan email overall tidak ada kendala.

Kalau kalian tanya apakah ada lag, pastinya sesekali ada. Biasanya lag terjadi saat buka banyak aplikasi bersamaan, dan menurutku lag segitu sih masih bisa ditolelir lah ya. Tapi beda cerita kalau kalian itu sukanya main game berat seperti PUBG atau CODM, Mungkin Redmi Note 8 atau 8 Pro bisa jadi pilihan yang bagus.

Promo Diskon Redmi 8a

Oh ya, di tanggal 27-30 januari ini Xiamoi mengadakan promo diskon untuk semua seri Redmi 8 Series. Infonya Redmi 8a akan bandrol seharga Rp. 1.299.000,-, Redmi 8 Varian RAM 3GB Rp. 1.599.000,-, dan Redmi Note 8 Varian RAM 3GB dijual Rp. 1.899.000,-. Buat kalian yang ngincer banget Smartphone tersebut mungkin sekarang adalah saat yang pas untuk membelinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Alasan Kenapa Saya Memilih Redmi 8a"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel