Apa Itu Podcast? Sejarah, Definisi dan Kegunaannya

Belakangan ini istilah Podcast memang sering kita dengar di Indonesia, baik dari media sosial, youtube dan sebagainya. Meskipun sebenarnya Podcast bukan hal baru sama sekali. Pertanyaannya, apa sih yang dimaksud dengan Podcast? Bagaimana sejarah Podcast? Kegunaannya untuk apa? Yuk kita bahas satu-persatu!

Podcast

Apa Itu Podcast?

Podcast adalah istilah yang digunakan untuk rekaman audio yang dapat didengar dan diakses oleh orang banyak. Terdengar mirip dengan radio? tidak juga.

Perbedaan paling mencolok antara radio dengan Podcast adalah cara penyalurannya. Jika radio disalurkan melalui frekuensi gelombang radio tertentu agar bisa sampai ke pendengar, maka Podcast tidak. Perbedaan lain adalah radio disiarkan sekali lewat, sedang Podcast dapat diputar berulang-ulang sesuai keinginan kita. Kita juga bisa memilih topik bahasan sesuai keinginan dan kebutuhan.

Sejarah Pocast

Pada tahun 2005, Podcast pertama kali diperkenalkan oleh raksasa teknologi asal Amerika Serikat yaitu Apple. Label "Podcast" sendiri diambil dari kata "iPod" dan "Broadcast". iPod adalah salah satu produk keluaran apple yang dikhususkan untuk penggunaan mendengar musik, sedangkan Broadcast dapat diartikan sebagai siaran/penyiaran.

Apple memang terkenal dengan dobrakan teknologinya yang sangat revolusioner. Mereka membuat penyiaran audio yang terdengar sepele menjadi suatu sarana yang luar biasa mewah, terorganisis, dan lebih mudah diakses pengguna perangkat Apple.

Meski Podcast pada awalnya di perkenalkan oleh Apple, seiring meningkatnya popularitas media tersebut sejak tahun 2007 hingga sekarang, kini Podcast tak hanya dapat dinikmati oleh penggunak produk Apple tetapi juga beberapa platform lain seperti Android, Windows dan seterusnya.

Bagaimana Saya Bisa Mendengarkan Podcast

Saat ini aplikasi untuk mendengarkan Siaran Podcast sudah bertebaran dimana-mana. Misal anda menggunkan peranggkat berbasis iOS Apple seperti iPhone, iPod, iPad ataupun Mac, anda bisa mendengarkan via aplikasi Bawaan "Podcast" itu sendiri. Namun jika anda kurang suka dengan tampilannya, anda juga bisa download aplikasi Downcast atau Pocket Cast di App Store.

Untuk pengguna android, bahkan lebih banyak lagi. Anda bisa download aplikasi “Podcast Republic”, “Podcast Addict”, "Castbox", dan yang cukup banyak digunakan saat ini adalah Podcast via "Spotify". Beberapa bahkan memvideo sesi Podcast mereka lalu mengunggahnya ke platform Youtube, seperti Deddy Corbuzier, Raditya Dika, Tangan Belang dll.

Rekomendasi Pocast Indonesia

Beberapa Podcast yang dapat saya rekomendasikan diantaranya:

  • PORD/Podcast Raditya Dika (Tema Inspirasi, Ilmu Pengetahuan, dll)
  • Do You See What I See? (Tema Cerita Horror)
  • Sudut Pandang (Tema Kehidupan Anak Millenial)
  • Subjective (Tema Inspirasi, Random)
  • Box2box (Tema Sepakbola)
  • Awal Minggu (Tema Random)

Selebihnya Anda bisa Explore sendiri, karena beda orang beda ketertarikan. Apa yang saya anggap bagus belum tentu menurut anda demikian.

Dari ulasan di atas kira-kira udah dapet lah ya gambaran soal Podcast. Dan saya titip pesan. Karena biasanya durasi tiap episode Podcast itu cukup panjang maka ada baiknya anda mengatur dan memilah waktu sebaik-baiknya. jangan sampai kerjaan terbengkalai gara-gara keasyikan dengerin Podcast, Setuju?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Podcast? Sejarah, Definisi dan Kegunaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel