Mengatasi Peringatan Penghasilan Beresiko yang Muncul Terus-Menerus di Dashboard Adsense

Akhir-akhir ini saya dibuat resah oleh peringatan "Penghasilan Anda Beresiko" di Dashoard Adsense. Inti dari peringatan itu adalah kita disuruh memperbaiki masalah file ads.txt di blog kita. Tapi yang membuat saya bingung adalah... File ads.txt sebenarnya sudah terpasang di blog ini sejak setahun lalu dan sebelumnya pun tak ada masalah.


Di artikel kali ini niatnya saya mau sharing saja. Barangkali diantara kalian ada yang mempunyai permasalahan serupa, atau mungkin sudah menemukan solusi yang tepat silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah.

Singkat cerita, setelah browsing cari wangsit sana-sini, saya dapat menyimpulkan bahwa alasan mengapa peringatan penghasilan berisiko masih sering muncul dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

File Ads.txt belum Terpasang Sepenuhnya

Kita tahu bahwa cara klasik mengatasi masalah ini adalah dengan memasang file ads.txt di pengaturan Blogger. Tapi mungkin diantara kalian ada yang menautkan akun adsense ke lebih dari satu blog. Parahnya mungkin kalian sendiri lupa akan hal itu. Jika memang demikian, solusinya kalian harus memasang file ads.txt ke masing-masing blog yang tertaut dalam satu akun tersebut.

Untuk mengetahui blog mana saja yang tertaut pada akun adsense, caranya tinggal Klik "Perbaiki sekarang" di notifikasi penghasilan beresiko. Tampilannya akan seperti ini:


Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa saya hanya memasangkan akun adsense ke satu domain saja. Tapi kenapa peringatan penghasilan beresiko masih muncul juga?

Belum Mencentang Pengalihan (Redirrect) Domain www ke Non-www

Saat awal membangun sebuah blog kita pasti melakukan setting-setting standard seperti deskripsi blog, pengalihan HTTPS, dan topik yang akan kita bahas kali ini yaitu pengalihan domain www ke non-www.

Jika pilihan pengalihan ini tidak dicentang maka pengunjung yang mengetik domain tanpa www (misal altirai.com) akan dibawa ke halaman 404 alias Error. Cara settingnya tinggal masuk ke Setelan => Dasar => Scroll ke bagian Publikasi. Pada kolom alamat blog, pilih Edit. Hasilnya akan seperti ini:


Sampai sini pertanyaan serupa muncul. Pengaturan blogger saya sebenarnya sudah benar, tapi tetap saja... kalian bisa tebak kalau peringatan ads.txt di dashboard adsense tetep aja nongol. Di sini kebingungan saya sudah mencapai puncaknya, SALAHNYA DI MANAAA...?!

Kemungkinan Kesalahannya Ada Pada Server Blogspot

Karena tidak tahu salahnya dimana, dan cari solusi di Internet tidak kunjung ketemu, akhirnya saya bertanya ke Mas Adhy Suryadi dari Kompi Ajaib. Nggak usah dijelaskan lagi lah ya, kalian juga pasti sudah tahu bahwa beliau ini salah satu blogger kondang yang juga pembuat template-template premium seperti Kompi Flexible yang dulu dipakai Mas Timon Adiyoso.

Dari pertanyaan yang saya ajukan ke Mas Adhy lewat komentar di salah satu video youtube beliau yang berjudul "Solusi Notif Ads.txt yang Muncul di Dashboard Adsense", jawabannya adalah sebagai berikut:


Pendapat Mas Adhy sepertinya masuk akal, mengingat settingan blog saya sudah benar dan sesuai dengan panduan di website google adsense sendiri. Ditambah kasus ini tidak hanya dialami oleh saya sendiri, terbukti dari komentar-komentar lain di video Mas Adhy yang mengajukan pertanyaan serupa.

Buat yang mau kepoin Mas Adhy Suryadi silahkan kunjungi website Kompiajaib.com, atau bisa juga lewat Youtube Channel beliau yaitu Adhy Suryadi. Jika kalian memiliki pendapat yang berbeda dengan pembahasan di artikel ini, tulis saja di kolom komentar.

Sekian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengatasi Peringatan Penghasilan Beresiko yang Muncul Terus-Menerus di Dashboard Adsense"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel