Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Mandiri Via Aplikasi Mobile JKN

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan
Sumber: IG @bpjskesehatan_ri
Mulai tanggal 1 Januari 2020 pemerintah resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan hingga mencapai seratus persen atau dua kali lipat. Hal ini tentu sangat memberatkan sebagian masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan.

Berikut daftar kenaikan iuran BPJS Mandiri tiap kelasnya:

  • Kelas 1 dari Rp. 81.000,- menjadi Rp. 160.000,-
  • Kelas 2 dari Rp. 52.000,- menjadi Rp. 110.000,-
  • Kelas 3 dari Rp. 25.000,- menjadi Rp. 42.000,-

Sehubungan dengan kenaikan tarif ini, pemerintah juga menyarankan penggunakan BPJS kelas 1 atau kelas 2 yang merasa terbebani dengan tagihan Bulanan BPJS Kesehatan agar turun ke kelas dibawahnya.

Untuk mempermudah masyarakat melakukan turun kelas BPJS, Pemerintah memberikan kemudahan dengan menyediakan layanan Penurunan kelas yang dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai layanan penurunan kelas ini:

  1. Berlaku bagi peserta yang telah terdaftar sebelum 1 Januari 2020
  2. Kelas perawatan dapat turun dua tingkat dari kelas perawatan sebelumnya. Misalnya dari kelas 1 ke kelas 3
  3. Sampai kapan program perubahan kelas ini diberlakukan? Jawabannya kesempatan perubahan/penurunan kelas perawatan diberikan satu kali dalam periode 9 Desember 2019 s/d 30 April 2020 
  4. Diberlakukan untuk 1 Keluarga bagi yang sudah terdaftar
  5. Peserta yang menunggak iuran tetap dapat mengajukan turun kelas namun status kepesertaan masih tidak aktif sampai tunggakan iuran dibayar

Berikut Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Mandiri Via Aplikasi Mobile JKN

Langkah 1

Download Aplikasi Mobile JKN melalui Play Store Android atau App Store jika menggunakan perangkat iPhone. Ketik Mobile JKN pada kolom pencarian, atau bisa juga dengan mengetik BPJS Kesehatan seperti gambar berikut.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Langkah 1

Langkah 2

Buka aplikasi Mobile JKN. Karena kita mau pindah kelas maka pastinya anda sudah punya kartu BPJS Kesehatan bukan? Langsung saja pilih Aktivasi Akun.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Langkah 2

Langkah 3

Tahap selanjutnya adalah Login menggunakan akun BPJS anda. Bagi anda yang sudah pernah menggunakan aplikasi ini maka tinggal masukkan Username, Password dan Lengkapi Captcha sesuai dengan angka yang tertera disampingnya.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Langkah 3


Namun untuk yang baru menggunakan aplikasi Mobile JKN, silahkan Klik Daftar di bagian bawah lalu isi formulir data diri dengan benar. Kemudian Klik Register.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Langkah 4

Langkah 4

Setelah log in, anda akan disuguhkan tampilan dashboard atau menu utama aplikasi Mobile JKN. Untuk melakukan perubahan kelas, silahkan masuk ke menu Ubah Data Peserta.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Langkah 5

Langkah 5

Scroll ke baris paling Bawah. Pada Kolom Kelas terdapat informasi mengenai status kelas anda saat ini. Kebetulan saya berada di kelas dua, untuk turun ke kelas tiga caranya tinggal Klik Menu Kelas Tersebut.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Langkah 6

Langkah 6

Begitu di klik, akan muncul jendela Pop Up Konfirmasi yang memberitahukan bahwa Penurunan Kelas Rawat akan berlaku mulai tanggal 1 Bulan berikutnya. Jadi semisal anda saat ini berada di kelas dua dan mengajukan pindah ke kelas tiga pada tanggal 15 Januari, maka status kelas anda baru akan berubah pada tanggal 1 Februari. Tekan Ya jika anda sudah yakin ingin melakukan Penurunan kelas BPJS.

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Langkah 7

Dan selamat, anda telah berhasil turun kelas BPJS tanpa harus lelah mengantri di kantor BPJS Kesehatan. Jika anda masih merasa kesulitan dengan cara di atas, ada 3 metode lain yang bisa anda pilih. Diantaranya melalui Mobile Customer Service (singkatnya Mobil BPJS Keliling), Menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di 1500 400,  atau bisa langsung datang ke Kantor Cabang/Kabupaten/Kota BPJS Kesehatan di wilayah anda.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Mandiri Via Aplikasi Mobile JKN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel